Salin Artikel

Wamenag Sebut Revitalisasi KUA untuk Terapkan Moderasi Beragama

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan, salah satu tujuan revitalisasi kantor urusan agama (KUA) adalah untuk menerapkan moderasi beragama.

Moderasi beragama merupakan salah satu program yang juga tengah digalakkan oleh Kementerian Agama (Kemenag).

"Ke depan KUA tidak hanya sebagai tempat untuk proses pencatatan pernikahan saja tetapi harus menjadi tempat pembinaan keagamaan dan penyemaian praktik kehidupan moderasi beragama masyarakat," ujar Zainut saat mengunjungi salah satu KUA model di Sidoarjo, Jawa Timur, dikutip dari siaran pers, Rabu (2/6/2021).

Ia mengatakan, revitalisaai KUA merupakan salah satu program prioritas Kemenag untuk mewujudkan KUA sebagai pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel, dan moderat guna meningkatkan kualitas umat beragama.

Menurut dia, KUA merupakan teras depan Kemenag dalam pelayanan urusan agama di masyarakat, sehingga harus memiliki performa yang baik, ramah dan tidak menyulitkan masyarakat.

Cara yang dapat ditempuh untuk mencapai hal tersebut salah satunya dengan melakukan revitalisasi terhadap KUA.

"Ada empat tujuan strategis dari revitalisasi KUA, yaitu untuk meningkatkan kualitas umat beragama, memperkuat peran KUA dalam mengelola kehidupan keberagamaan, memperkuat program dan layanan keagamaan serta meningkatkan kapasitas kelembagaan KUA sebagai pusat layanan keagamaan," tutur Zainut.

Adapun program revitalisasi KUA meliputi rehabilitasi fisik di setiap KUA model.

Rehab fisik dilakukan dengan melakukan beberapa perubahan seperti layout front office, layout balai nikah, dan ruang konsultasi.

Revitalisasi juga meliputi penyempurnaan standar pelayanan publik pada KUA kecamatan, transformasi digital dan penguatan program capacity building terhadap petugas-petugas di KUA model.

"Kemenag juga melakukan program penguatan kompetensi petugas di KUA, Ditjen Bimas Islam telah melakukan sejumlah bimbingan teknis atau bimtek," kata dia.

Antara lain bimtek jejaring lokal, bimtek moderasi beragama berbasis keluarga, bimtek layanan prima, bimtek revitalisasi KUA melalui program dan layanan bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah tahun 2021.

Kemudian bimtek administrasi dan pengamanan aset wakaf serta bimtek standar penyuluh agama Islam dukungan revitalisasi KUA.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menargetkan akan merevitalisasi 100 KUA pada tahun 2021.

https://nasional.kompas.com/read/2021/06/02/16183991/wamenag-sebut-revitalisasi-kua-untuk-terapkan-moderasi-beragama

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke