Salin Artikel

22 Terduga Teroris yang Diamankan Densus 88 di Jawa Timur Tiba di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 22 terduga teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI) di Jawa Timur telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (18/3/2021) siang ini.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Rusdi Hartono menjelaskan, penangkapan terhadap 22 terduga teroris itu dilakukan dalam waktu yang berbeda-beda di lokasi yang berbeda-beda pula.

"Sejak tanggal 26 Februari sampai 2 Maret 2021, rekan-rekan Densus 88 Antiteror telah melakukan penegakan hukum terhadap 22 tersangka pelaku tindak pidana terorisme di Jawa Timur," kata Rusdi dalam konferensi pers di Bandara Soetta, dikutip dari Kompas TV.

Ia mengatakan, penangkapan terhadap 22 terduga teroris itu dilakukan di Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Kediri, Malang, dan Bojonegoro.

Rusdi memaparkan, Densus 88 Antiteror juga turut mengamankan sejumlah senjata tajam dalam penangkapan para terduga teroris tersebut.

Barang-barang yang disita di antaranya puluhan butir peluru, satu pistol rakitan jenis FN, pisau, dan busur panah.

"Tentunya setiap saat ini digunakan oleh kelompok ini untuk melaksanakan aksinya. Juga mengamankan berbagai macam buku yang mayoritas berisi tentang jihad," ujar Rusdi.

Rusdi menuturkan, para terduga teroris itu telah melakukan berbagai aktivitas berupa latihan bela diri. Mereka juga diduga telah menyusun rencana aksi terorisme.

"Salah satu sasarannya adalah aparat keamanan, khususnya anggota Polri yang sedang bekerja atau bertugas di lapangan," katanya.

https://nasional.kompas.com/read/2021/03/18/14570571/22-terduga-teroris-yang-diamankan-densus-88-di-jawa-timur-tiba-di-jakarta

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke