Salin Artikel

Kapolri di Komisi III, Dicecar soal Keberadaan Harun Masiku dan Dugaan Kedekatannya dengan Gubernur PTIK

Ia juga tak mau berspekulasi dengan dugaan yang menyebutkan Harun Masiku berlindung ke PTIK karena Gubernur PTIK Irjen Aris Budiman, yang juga mantan Direktur Penyidikan KPK, merupakan kawan satu kampung eks caleg PDI-P itu.

Hal ini disampaikan Idham menanggapi pertanyaan anggota Komisi III DPR.

"Kami enggak tahu masalah itu (Harun Masiku di PTIK), mungkin informasi di luar sedang seliweran, tapi kami sendiri nggak tahu," kata Idham menjawab pertanyaan Saifuddin Sudding dari Fraksi PAN.

Tak puas dengan jawaban Idham, anggota Komisi III dari Fraksi Partai Demokrat Benny K Harman mengajukan interupsi.

Benny meminta, Idham Azis menjelaskan secara gamblang informasi keberadaan Harun Masiku yang dikabarkan berada di PTIK serta ada penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang disekap di PTIK.

"Kenapa Harun ke sana, ke PTIK? itu juga jadi pertanyaan. Setelah dilacak, kuat dugaan bahwa Harun Masiku (HM) ke sana sebab katanya ketua PTIK itu mantan direktur penyidik KPK ya kenal baik juga," kata Benny.

"Dengan HM tadi ya satu kampung atau apa, gak tahu saya. Ini mesti dijelaskan karena jadi tanda tanya juga, HM ke PTIK, ada apa di sana," sambungnya.

Adapun Idham Azis menegaskan, tidak ada penyekapan terhadap penyidik KPK.

Ia menjelaskan, ada pemeriksaan di sekitar PTIK, karena akan ada kegiatan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada pagi hari.

"Saya tidak mau berandai-andai di ruang terhormat ini, tapi yang jelas yang pertama kalau tidak ada kata penyekapan. Bahwa ya karena paginya mau ada kegiatan wapres tentu orang yang mereka dengan dalih mau sembayang, tentu diperiksa provos PTIK," jawab Azis.

Lebih lanjut, Azis mengaku tidak tahu apakah ada hubungan antara Harun Masiku dengan Gubernur PTIK Irjen Pol Aris Budiman.

"Apakah hadir di sana karena hubungan dengan Gubernur PTIK, saya juga tidak mau berandai-andai di ruangan ini, yang jelas saya tidak tahu kalau yang bersangkutan ada di PTIK," pungkasnya.

Sebelumnya, beredar isu yang menyebutkan tim penyidik KPK mengejar eks caleg PDI-P Harun Masiku ke PTIK, Jakarta Selatan, menyusul operasi tangkap tangan terhadap Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

Menurut Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, tim KPK berada di sana hanya untuk melaksanakan salat.

"Jadi di situ ada kesalahpahaman. Pada saat itu, petugas kami sedang ada di sana untuk melaksanakan salat," ujar Ali.

Ali menuturkan, kesalahpahaman berlanjut ketika tim KPK didatangi petugas kepolisian yang merasa curiga dengan keberadaan tim KPK padahal area tersebut tengah disterilkan.

Akibat kecurigaan itu, tim KPK sempat tertahan beberapa waktu sambil menjalani sejumlah pemeriksaan termasuk pemeriksaan urin.

"Petugas sempat dicegah dan kemudian dicari identitasnya, betul sampai kemudian diproses di situ ditanya-tanya seterusnya sampai kemudian seperti yang tadi disampaikan, tes urin dan lain-lain. Seolah ada orang yang ingin berbuat (kejahatan), tentunya demi pengamanan di situ," kata Ali.

https://nasional.kompas.com/read/2020/01/30/13521751/kapolri-di-komisi-iii-dicecar-soal-keberadaan-harun-masiku-dan-dugaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke