Salin Artikel

Kenangan Yenny Wahid soal Gus Dur yang Sering Bantu Cuci Piring...

Ia mengungkapkan, keluarganya menerapkan prinsip bahwa laki-laki dan perempuan harus berbagi peran dalam kehidupan rumah tangga.

Hal itu diungkapkan Yenny saat acara Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang bertajuk "Perempuan Hebat untuk Indonesia Maju" di Hotel Ritz Carlton, SCBD, Jakarta, Minggu (22/12/2019).

Yenny pun menceritakan soal peran sang ayah mencuci piring hingga menyiapkan bahan jualan.

"Waktu saya bayi, kalau saya mandi, yang mengangkat bayi dari boks diberikan ke ibu saya itu Gus Dur, bapak saya. Dari kecil kami sangat terbiasa melihat Gus Dur bantuin cuci piring, bantuin ibu saya bungkusin kacang besoknya mau dijual ke warung," tutur Yenny.

Menurut dia, hanya terdapat empat perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Keempatnya yaitu, perempuan dapat menstruasi, mengandung, melahirkan anak, dan menyusui.

Yenny mengatakan bahwa keempat hal tersebut merupakan kodrat perempuan yang tidak dapat dilakukan laki-laki.

"Memang ada konstruksi sosial, budaya, agama, tapi sudah jelas bahwa kalau ini datang dari yang di atas, yang membedakan antara laki-laki dan perempuan hanya empat itu saja," kata Yenny.

Untuk menerapkannya, Yenny menekankan pada pentingnya komunikasi pasangan.

Tidak masalah, katanya, apabila seorang perempuan bekerja. Ketika seorang laki-laki melakukan pekerjaan rumah seperti mengepel juga tidak masalah.

Ia menambahkan, tidak masalah pula bila perempuan ingin menjadi ibu rumah tangga asal berdasarkan kesepakatan bersama.

"Kalau kemudian memang ibunya yang harus bekerja di luar rumah, selama itu menjadi kesepakatan, itu nggak masalah. Tetapi juga tidak masalah ketika ibu memutuskan full time menjadi ibu rumah tangga ketika itu berdasarkan kesepakatan," ucap Yenny.

https://nasional.kompas.com/read/2019/12/23/05150071/kenangan-yenny-wahid-soal-gus-dur-yang-sering-bantu-cuci-piring-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke