Salin Artikel

Ditjen Bea Cukai Imbau Masyarakat Waspada Modus Penipuan

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai mengimbau masyarakat agar lebih waspada dan tidak tertipu dengan oknum atau pihak yang mengatasnamakan pihak Ditjen Bea dan Cukai.

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Ditjen Bea dan Cukai, Deni Surjantoro mengatakan, masyarakat harus berhati-hati jika ada pihak yang mengatasnamakan Ditjen Bea dan Cukai meminta sejumlah uang.

"Masyarakat jangan mudah percaya terhadap pihak yang mengatasnamakan Bea dan Cukai yang meminta transfer uang ke rekening pribadi," ujar Deni saat dihubungi Kompas.com, Senin (26/11/2018).

Jika menemukan modus seperti, segera laporkan ke Ditjen Bea dan Cukai melalui nomor 1500225.

"Melalui nomor tersebut, masyarakat bisa menanyakan apakah hal yang dialaminya merupakan penipuan atau tidak," ujar Deni.

Untuk mengecek kebenaran, masyarakat juga bisa menyampaikan keluhan melalui media sosial Ditjen Bea dan Cukai, seperti akun Twitter, Facebook, maupun Instagram.

Imbauan ini disampaikan merespons sejumlah laporan penipuan yang mengatasnamakan pihak Ditjen Bea dan Cukai.

"Modusnya bermacam-macam, ada yang dari sosial media yang memberi tahukan ada barang lelang," ujar Deni.

"Dari barang lelang itu, dia atas namakan dari Ditjen Bea dan Cukai. Kemudian, korban diwajibkan membayar, lalu dimasukkan ke rekening," lanjut dia.

Modus lainnya, menyebutkan adanya barang yang terhambat sehingga korban diwajibkan me melakukan pembayaran ke nomor rekening yang bukan dari pihak Ditjen Bea dan Cukai.

Ada pula modus di mana oknum yang melakukan penipuan menggunakan nomor khusus yang mirip dengan pusat informasi Ditjen Bea dan Cukai.

"Kami juga menerima laporan penipuan, ada yang berjenis pungutan tidak wajar untuk transaksi online, dihubungi langsung oleh pihak yang mengaku petugas Ditjen Bea dan Cukai, kadang ada yang disertai ancaman denda atau kurungan," ujar Deni.

Menindaklanjuti hal ini, Ditjen Bea dan Cukai juga bekerja sama dengan Kepolisian untuk melacak pelaku penipuan ini.

https://nasional.kompas.com/read/2018/11/26/19132691/ditjen-bea-cukai-imbau-masyarakat-waspada-modus-penipuan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke