Salin Artikel

Menteri Susi: Teruskan Semangat Kebangkitan Nasional dalam Kerja Nyata

Bagi menteri nyentrik asal Pangandaran, Jawa Barat itu, Hari Kebangkitan Nasional punya makna besar bagi bangsa Indonesia. Ia berharap, semangat kesadaran nasional 110 silam itu tetap dirawat dan diaplikasikan untuk pembangunan bangsa.

"Semoga peringatan Hari Kebangkitan Nasional kita semua diingatkan untuk selalu mengingat jasa-jasa pahlawan kita yang telah membangkitkan semangat pembangunan nasional," ujar Susi di Jakarta, Minggu (20/5/2018).

"Dan kita teruskan semangat mereka dalam pembangunan kerja nyata, membangun Indonesia maju dan berdaulat," kata Susi.

Tanggal 20 Mei 1908 menjadi hari penting dalam sejarah panjang bangsa Indonesia. Pada tanggal itu, organisasi pemuda Boedi Oetomo didirikan oleh para pelajar di sekolah kedokteran STOVIA di Batavia yang kini dikenal dengan nama Jakarta.

Meski awalnya hanya organisasi di bidang pendidikan dan kebudayaan, serta masih lingkup Jawa dan Madura, namun Boedi Oetomo didirikan karena adanya kesadaran akan persatuan oleh generasi muda yang terdidik dan tercerahkan.

Pada anggaran dasarnya, Boedi Oetomo juga menyatakan bahwa tujuannya yakni untuk menggalang kerja sama guna memajukan tanah Jawa dan Madura.

Kesadaran persatuan kultural inilah yang merupakan embrio munculnya kesadaran persatuan yang lebih luas yakni kesadaran nasional lewat Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

https://nasional.kompas.com/read/2018/05/20/11305231/menteri-susi-teruskan-semangat-kebangkitan-nasional-dalam-kerja-nyata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke