Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"One Way" Mudik Lebaran 2024 Mulai Diberlakukan di Km 72 Tol Cipali hingga Km 414 Kalikangkung

Kompas.com - 05/04/2024, 22:14 WIB
Rahel Narda Chaterine,
Icha Rastika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri memberlakukan skema one way atau satu arah dari ruas km 72 Tol Cipali hingga km 414 Tol Kalikangkung, Jumat (5/4/2024) malam ini.

Pantauan Kompas.com per pukul 21.52 WIB dari CCTV yang ada Command Center Km 29 Tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat, Jumat (5/4/2024), tampak dua jalur jalan tol sudah diberlakukan satu arah menuju arah timur Jawa.

Dua jalur area tol tersebut dipadati dengan kendaraan pemudik yang hendak berangkat ke arah Jawa bagian timur.

Baca juga: Skema One Way Berlaku Pukul 21.30, Polri Bersihkan Ruas Km 72 Tol Cipali hingga Km 414 Kalikangkung

Dari ruas km 72 Tol Cipali, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Irjen Pol Aan Suhanan membuka secara resmi pelaksanaan one way perdana di momentum libur mudik Lebaran 2024.

"One way pertama harus mudik 2024 km 72 sampai dengan 414 Kalikangkung saya secara resmi saya lepas," kata Kakorlantas di ruas km 72 Tol Cipali.

Dia mengimbau pemudik berhati-hati di jalan, tidak mengebut, dan beristirahat jika lelah.

"Kalau lelah silakan istirahat kalau rest area penuh silakan keluar dari tol keluar yang sabar jangan mengecek," ucap dia.


Saat pemberlakuan sistem one way pada ruas Tol Cipali, kendaraan dari Tol Cisumdawu yang menuju Cikampek atau Jakarta akan keluar di Gerbang Tol (GT) Cimalaka dan Cisumdawu Jaya.

Penerapan one way ini diberlakukan ketika jumlah volume kendaraan di ruas jalan tol tersebut sudah melebihi kapasitas yang ditentukan.

Sementara itu, Kabag Ops Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Kombes Eddy Djunaedi mengatakan, skema ganjil genap juga sudah berlaku bersamaan dengan skema one way dan contraflow (lawan arus).

Baca juga: Astra Tol Cipali Mulai Berlakukan Contraflow Km 162-169

Polisi telah menerapkan skema contraflow dua jalur, mulai km 47 sampai km 70 Tol Jakarta Cikampek (Japek).

Selain itu, contraflow diberlakukan di km 162 hingga 169 Tol Cipali imbas terjadinya kecelakaan dan kepadatan kendaraan yang terjadi hari ini.

"(Skema ganjil genap) sudah berlaku bersamaan dengan contraflow dan one way," kata Eddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com