Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai ke China, Prabowo Terbang ke Jepang Temui PM Kishida

Kompas.com - 03/04/2024, 14:20 WIB
Nirmala Maulana Achmad,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan RI bertolak ke Jepang, usai agenda kunjungannya ke China ditutup dengan bertemu Menteri Pertahanan China Admiral Dong Jun di Beijing, China, pada Selasa (2/4/2024).

Dalam pertemuan dengan Dong Jun, Prabowo menyampaikan bahwa Indonesia bersedia memperkuat kerja sama pertahanan dengan China.

"Indonesia bersedia untuk lebih memperkuat kerja sama pertahanan dengan pihak China dan terus mempromosikan perkembangan hubungan antara angkatan bersenjata kedua negara,” ujar Prabowo, dikutip siaran pers Kemenhan, Rabu (3/4/2024).

Baca juga: Temui PM Li Qiang, Prabowo Sampaikan Komitmen Tingkatkan Kerja Sama Indonesia-China

Sementara itu, Dong Jun mengatakan bahwa militer China bersedia bekerja sama dengan militer Indonesia untuk mengkonsolidasikan kepercayaan strategis mereka serta mempromosikan latihan dan pelatihan bersama.

Selain itu, China bersedia meningkatkan pertukaran personel untuk membawa kerja sama praktis mereka ke tingkat yang baru.

Setelah bertemu Dong Jun, Prabowo kemudian bertolak ke Jepang dan tiba di Bandar Udara (Bandara) Haneda, Tokyo, Jepang, Selasa malam waktu setempat.

Baca juga: Brigjen Robi Herbawan, Mantan Ajudan Prabowo Dipromosikan Jadi Bintang 2

Kedatangan Menhan Prabowo tersebut disambut oleh KBRI Tokyo yaitu Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia H.E. Mr. Masaki Yasushi.

Rencananya, Prabowo akan bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Jepang H.E. Kishida Fumio, Menteri Pertahanan Jepang H.E. Kihara Minoru, dan Mantan PM ke-91 Jepang/Presiden Japan-Indonesia Society Yasuo Fukuda pada hari ini, Rabu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com