Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Resmikan Bandara Singkawang, Konglomerat Aguan Ikut Hadir

Kompas.com - 20/03/2024, 10:21 WIB
Dian Erika Nugraheny,
Ihsanuddin

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meresmikan Bandar Udara (Bandara) Singkawang yang berada di Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat, pada Rabu (20/3/2024).

Bandara tersebut dibangun melalui kerja sama antara pemerintah dan badan usaha.

"Pada pagi hari ini saya resmikan Bandar Udara Singkawang di Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat," ujar Jokowi dilansir siaran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu.

Baca juga: Jelang Pengumuman Hasil Pemilu, Jokowi Kunker ke Kalimantan Barat

"Bandara Singkawang ini dibangun dengan skema KPBU (kerja sama pemerintah dan badan usaha) dan juga bantuan CSR dari para pengusaha sukses asal Singkawang," ungkapnya.

Presiden menjelaskan, berdasarkan penjelasan dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pemerintah menggelontorkan Rp 272 miliar untuk pembangunan Bandara Singkawang.

Sementara itu, pihak pengusaha memberikan sekitar Rp 155 miliar sehingga total anggaran dari pemerintah dan pengusaha untuk pembangunan Bandara Singkawang sebesar Rp 427 miliar.

"Saya sampaikan terima kasih, karena kalau pola ini bisa dilakukan di banyak bandara, banyak proyek, dan banyak pelabuhan. ini akan percepat pembangunan infrastruktur yang berada di Tanah Air kita," kata Jokowi.

"Artinya, orang yang berasal dari kota itu, dari kabupaten itu, dari provinsi itu juga ikut berpartisipasi terhadap daerahnya masing-masing. Sekali lagi, untuk para pengusaha sekali lagi saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya," tegasnya.

Baca juga: Wings Pastikan Tetap Gabung Konsorsium Pimpinan Aguan di IKN

Kepala Negara melanjutkan, Bandara Singkawang dibangun sejak 2019 dengan panjang runway 2.000 meter dan terminalnya dibangun seluas 8.000 meter persegi.

Dengan adanya bandara baru ini, Presiden berharap bisa mempercepat mobilitas orang, barang, dan logistik dari dan ke Singkawang sehingga akan muncul titik-titik ekonomi baru di Singkawang.

"Dan saya tadi bisik-bisik ke Menteri Perhubungan bahwa bandara ini bisa jadi contoh, di-copy, direplikasi, di daerah lain utamanya skema kerja sama tadi. Ada skema KPBU plus CSR ini sekali lagi akan percepat potensi yang ada di Tanah Air kita," ungkapnya.

"Kalau bandara sudah siap, airport siap, segera Pak Menhub disiapkan juga pesawat yang terbang ke sini. Sebanyak-banyaknya. Asal penumpangnya penuh, pasti akan makin banyak airlines yang datang ke Singkawang," tambah Jokowi.

Baca juga: Di Depan Aguan hingga Boy Thohir, Jokowi Pamer Banyaknya Minat Investasi Asing ke IKN

Peresmian Bandara Singkawang pada Rabu juga dihadiri oleh pengusaha properti Sugianto Kusuma atau Aguan.

Kehadiran Aguan diketahui saat Presiden Jokowi menyapa para tamu yang hadir.

Selain Aguan, para pengusaha lainnya yang juga berasal dari Singkawang ikut hadir di peresmian.

Kemudian, hadir pula Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com