Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekjen Gerindra Berikan Kisi-kisi Cawapres Prabowo adalah Anak Muda dan Berpengalaman di Pemerintahan

Kompas.com - 18/10/2023, 19:43 WIB
Adhyasta Dirgantara,
Bagus Santosa

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani membocorkan kisi-kisi cawapres yang akan mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 mendatang.

Muzani memilih untuk membeberkan kisi-kisi cawapres Prabowo melalui pantun.

Pantun pertama, Muzani mengindikasikan cawapres Prabowo berasal dari kalangan anak muda.

"Saya cuma mau memberi isyarat kisi-kisi cawapres Pak Prabowo hanya dengan dua pantun," ujar Muzani saat ditemui di Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, Rabu (18/10/2023) malam.

"Indonesia negeri yang kaya. Penduduknya berjuta-juta. Kita ingin Indonesia jaya. Prabowo dan anak muda jawabannya," sambungnya.

Baca juga: Muzani Akui Perselisihan Kader Gerindra dan PDI-P di Semarang Bisa Berbahaya, jika...

Lalu, di pantun yang kedua, Muzani menyampaikan bahwa sosok cawapres Prabowo adalah orang yang berpengalaman di pemerintahan.

Dia memastikan cawapres Prabowo segera diumumkan.

"Beli pisang sambil sepedahan. Pulangnya mampir Stasiun Balapan. Cawapres Prabowo akan segera diumumkan. Dia sosok berpengalaman di pemerintahan," imbuh Muzani.

Diketahui, cawapres untuk Prabowo mencuat sejumlah nama, salah satunya adalah Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, yang merupakan anak Presiden Jokowi.

Akan tetapi, hingga kini, cawapres Prabowo belum dimunculkan. Prabowo hanya memberikan informasi bahwa cawapresnya terdiri dari empat sosok yang berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan luar Pulau Jawa.

Baca juga: Gibran Mengaku Belum Komunikasi dengan Gerindra Setelah Putusan MK Dikabulkan

Adapun Prabowo didukung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang terdiri dari Partai Gerindra, PAN, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Gelora, Partai Bulan Bintang, Prima, dan Partai Garuda.

Sementara itu, terdapat dua pasangan lagi yang akan bertarung pada Pemilu 2024, yaitu Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Ganjar-Mahfud didukung PDI-P, PPP, Partai Perindo, dan Partai Hanura. Sedangkan Anies-Cak Imin didukung Partai Nasdem, PKB, dan PKS.

Diketahui pendaftaran pasangan calon presiden akan dilaksanakan pada 18-25 Oktober.

Adapun Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin dijadwalkan akan mendaftar pada Kamis (18/10/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com