Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketum Parpol Koalisi Indonesia Maju Rapat Bahas Cawapres Prabowo 13 Oktober

Kompas.com - 11/10/2023, 23:07 WIB
Vitorio Mantalean,
Icha Rastika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengonfirmasi bahwa Koalisi Indonesia Maju (KIM) segera membahas sosok pendamping Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

"Akan ada pembahasan dengan ketua umum dalam minggu ini. Jumat (13/10/2023) ketua umum (parpol yang tergabung dalam) Koalisi Indonesia Maju akan bertemu," kata Airlangga selepas acara "Golkar Bershalawat" di Stadion Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/10/2023) malam.

Airlangga mengonfirmasi kabar beredar bahwa kandidat calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo telah mengerucut ke 4 nama, yakni dirinya, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan putra sulung Presiden Joko Widodo Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: DPD Golkar Jabar Pastikan Dukung Airlangga Jadi Cawapres Prabowo

Khusus pencalonan Gibran, KIM juga menanti soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan batas usia minimum capres-cawapres yang akan dibacakan pada Senin (16/10/2023).

"Iya, sudah beredar di masyarakat dan masih ada satu yang menunggu hasil MK," kata Airlangga.

Namun demikian, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu belum dapat memastikan, apakah pertemuan pada Jumat mendatang bakal menelurkan nama cawapres final pendamping Prabowo.

Ia juga belum dapat memastikan apakah deklarasi cawapres pendamping Prabowo akan menanti putusan MK terlebih dahulu atau tidak.

"Kita urun rembuk dulu para ketua umum. Namanya runding, harus ada perundingan," ucap dia.

Baca juga: Prabowo Ngaku Sudah Undang Kaesang untuk Bertemu

Sebelumnya, nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menguat dalam bursa cawapres pendamping Prabowo.

Sejumlah pihak khawatir, MK dimanfaatkan untuk kepentingan dinasti politik Joko Widodo. Jika gugatan di MK dikabulkan, Gibran dapat melaju ke Pilpres 2024 pada usia 36 tahun.

Gibran mengakui bahwa Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berkali-kali memintanya untuk mendampingi sebagai bakal calon wakil presiden di Pilpres 2024.

"Semua orang kan sudah tahu beliau sudah minta berkali-kali dan sudah saya laporkan ke pimpinan (PDI-P). Ke Pak Sekjen, ke Mbak Puan dan lain-lain," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Senin (9/10/2023).


Atas permintaan itu, ia mengaku juga terkendala usia untuk memenuhi persyaratan maju sebagai bakal cawapres di Pilpres 2024.

"Jawabannya umur tidak cukup," ucap suami Selvi Ananda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com