Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB Sodorkan Yusril Jadi Cawapres Prabowo

Kompas.com - 24/07/2023, 16:17 WIB
Singgih Wiryono,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Bulan Bintang (PBB) menyodorkan nama Ketua Umum mereka, Yusril Ihza Mahendra untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) untuk Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PBB Afriansyah Noor saat menjamu elit DPP Gerindra yang bertamu ke Markas DPP PBB, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (24/7/2023).

"Harapan kami tentu sebgai kader partai, menyodorkan Pak Yusri jadi cawapres," kata Afriansyah.

Baca juga: Resmi Usung Prabowo sebagai Capres, Sekjen PBB: Sudah Ada SK-nya

Namun Afriansyah menegaskan, hal tersebut hanya harapan dari PBB, bukan sebagai syarat dukungan PBB kepada Prabowo dalam Pilpres 2024 nanti.

Dia menegaskan, nama cawapres diserahkan sepenuhnya kepada Prabowo. PBB akan tetap mendukung meski Yusril tak dipilih menjadi cawapres.

"1.000 persen kita dukung Prabowo jadi capres. Tidak akan ragu karena ini keputusan, dan keputusan kita mudah-mudahan semua itu adalah suratan dari Allah," katanya.

Adapun terkait dukungan kepada Prabowo sebagai capres, Afriansyah mengatakan keputusan tersebut sudah bulat dan sudah dibuatkan surat keputusan (SK).

Baca juga: Elite Gerindra Datangi Kantor DPP PBB, Disambut Teriakan Prabowo Menang

"Karena sudah ada SK-nya bang, jadi SK-nya sudah diputuskan oleh DPP bahwa capres dari PBB adalah Prabowo Subianto," ujar Afriansyah.

Keputusan tersebut, kata Afriansyah, diambil setelah Ketua Umum DPP PBB Yusril Ihza Mahendra melakukan beberapa pertemuan dengan Prabowo.

Setelah itu, PBB kemudian menggelar rapat pimpinan dan memutuskan dukungan diberikan kepada Prabowo.

"Ketua Umum PBB juga sudah bertemu dengan pak Prabowo sendiri, dan prinsipnya bahwa kami sudah bertekad, dan pimpinan pusat juga sudah melakukan rapat sebagai syarat mengajukan capres," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com