Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Pertemuan Gibran-Prabowo, PDI-P Arahkan Kepala Daerah Terima Tamu di Kantor Pemerintah

Kompas.com - 22/05/2023, 16:01 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Bagus Santosa

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa partainya mengarahkan para kepala daerah yang merupakan kadernya untuk menerima tamu hanya di kantornya masing-masing.

Hal ini buntut dari pertemuan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, yang merupakan kader PDI-P dengan Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Jumat (19/5/2023) di Solo, Jawa Tengah.

"Dengan berbagai kejadian-kejadian terakhir tadi, kemudian kami berdiskusi 'Oh gitu, nanti kalau ada tamu-tamu, ya akan diterima secara resmi di kantor di mana kepala daerah itu bertugas, baik di kantor wali kota maupun di kantor kabupaten'," kata Hasto dalam konferensi pers di kantor DPP PDI-P, Jalan Diponegoro, Jakarta, Senin (22/5/2023).

Baca juga: Beri Pesan ke Gibran, PDI-P: Anda Ini Seperti Gula, Didatangi Semut dari Mana-mana

Hasto menilai, jika pertemuan seperti ini digelar di kantor kepala daerah bertugas, maka akan terhindari dari persepsi atau pembingkaian terhadap isu politik.

Sebaliknya, jika pertemuan digelar di kantor kepala daerah, maka pembahasannya bakal terkait soal kemajuan wilayah.

"Sehingga, segala sesuatunya itu memang berkaitan dengan kemajuan wilayah yang dipimpinnya," imbuh Hasto.

Adapun hari ini, Gibran dimintai klarifikasinya oleh DPP PDI-P terkait pertemuannya dengan Prabowo Subianto. DPP PDI-P pun memberikan nasihat terhadap Gibran setelah mendapatkan penjelasan.

Lebih jauh, Hasto menyatakan bahwa Gibran juga mengaku terus berkomunikasi dengan bakal calon presiden (capres) PDI-P Ganjar Pranowo.

Hal ini, tegas Hasto, sekaligus membantah bahwa Gibran memberikan dukungan kepada tokoh tertentu di luar yang diusung PDI-P.

"Sehingga, sebagai kader partai, tegak lurus di dalam keputusan-keputusan DPP PDI Perjuangan," ujar dia.

Baca juga: PDI-P Dinilai Tak Nyaman dengan Dukungan Relawan Jokowi-Gibran ke Prabowo

"Apalagi kemarin beliau juga sudah menyatakan telah mengikuti sekolah partai, telah digembleng oleh PDI Perjuangan, sehingga tugas-tugas itu akan dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya," tambahnya.

Adapun pertemuan Gibran dan Prabowo terjadi di Angkringan Omah Semar, Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), pada Jumat (19/5/2023) malam. 

Prabowo mengaku pertemuan tersebut diinisiasi olehnya. Ia juga mengaku terkesan dengan kedatangannya kali ini karena disambut dan dijamu dengan baik.

"Ternyata disambut seperti ini, luar biasa. (Permintaan sendiri) ya, karena saya mau mampir. Tidak enak kalau tidak lapor ke Mas Wali (Gibran Rakabuming Raka)," ujarnya.

"Kami sudah sering berhubungan. Pertemuannya diajak makan. Acara khususnya makan," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com