Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Serukan Cintai Produk Dalam Negeri, Pimpinan DPR Minta Pemerintah Dukung UMKM

Kompas.com - 04/03/2021, 17:44 WIB
Ardito Ramadhan,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mendukung rencana pemerintah untuk mengampanyekan produk dalam negeri dibandingkan produk luar negeri.

Namun, Azis mengingatkan, pemerintah juga mesti mendukung pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) baik dari sisi pemodalan maupun pemasaran.

"Tentunya seruan ini harus sinergis dengan upaya pemerintah dalam mendukung para pelaku usaha ikro kecil menengah (UMKM) dari sisi permodalan dan pendampingan strategi pemasaran" Kata Azis dalam siaran pers, Kamis (4/3/2021).

Azis mengatakan, UMKM mengalami dampak yang cukup besar hingga harus diberi perhatian khusus oleh pemerintah agar mampu membangkitkan ekonomi.

Politikus Partai Golkar itu menuturkan, salah satu bantuan yang dapat diberikan antara lain kemudahan bagi UMKM untuk mendirikan usaha yang berbadan hukum.

"Pemerintah serta Forkompinda harus dapat sinergis untuk mempermudah memberikan izin bagi para pelaku UMKM di berbagai daerah, sehingga seruan Presiden Jokowi dapat diterapkan sampai tingkat paling bawah di daerah terpencil," ujar Azis.

Baca juga: Pernyataan Jokowi tentang Benci Produk Asing Dinilai Bisa Jadi Blunder

Kendati demikian, Azis meminta masyarakat agar tidak terlalu apatis dengan produk luar negeri yang hadir di tengah masyarakat.

"Produk impor cukup sesuai kebutuhan saja, mari majukan bangsa dengan mencintai produk-produk karya anak bangsa. Sehingga ekonomi bangkit dan harapan Presiden Jokowi dapat terwujud," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta agar kampanye cinta produk-produk Indonesia terus digaungkan.

Bersamaan dengan itu, ia ingin agar ajakan untuk membenci produk-produk luar negeri disuarakan.

"Ajakan-ajakan untuk cinta produk-produk kita sendiri, produk-produk Indonesia, harus terus digaungkan, produk- produk dalam negeri. Gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri," kata Jokowi saat membuka rapat kerja nasional Kementerian Perdagangan tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Baca juga: Jokowi Gaungkan Benci Produk Luar Negeri, Mendag Siapkan Aturan Khusus

Jokowi menyebutkan, kampanye cinta produk Indonesia dan benci produk luar negeri penting dikumandangkan supaya masyarakat loyal terhadap hasil karya anak negeri.

"Bukan hanya cinta, tapi benci. Cinta barang kita, benci produk dari luar negeri. Sehingga, betul-betul masyarakat kita menjadi konsumen yang loyal sekali lagi untuk produk-produk Indonesia," ujar Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com