Dewan Pembina dan DPP Golkar Sepakat Majukan Novanto Jadi Ketua DPR - Kompas.com

Dewan Pembina dan DPP Golkar Sepakat Majukan Novanto Jadi Ketua DPR

Fabian Januarius Kuwado
Kompas.com - 28/11/2016, 18:35 WIB
Fabian Januarius Kuwado Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie dan Ketua Umum DPP Golkar usai bertemu di Bakrie Tower, Jakarta Selatan, Senin (28/11/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Pembina Partai Golkar akhirnya sepakat dengan DPP Partai Golkar yang mengajukan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto menjadi Ketua DPR RI menggantikan Ade Komarudin.

Kesepakatan itu diputuskan usai Setya Novanto berbicara 2 jam 45 menit dengan Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie di Bakrie Tower, Jakarta Selatan, Senin (28/11/2016).

"Dewan Pembina dan DPP sama menyetujui penetapan pergantian saudara Ade Komarudin dengan saudara Novanto menjadi Ketua DPR RI," ujar Aburizal membacakan isi kesepakatan, usai pertemuan.

Aburizal enggan mengungkapkan apa saja pertimbangan yang mendasari Dewan Pembina Golkar menyetujui keputusan itu.

Apalagi, Aburizal pernah menyampaikan surat kepada pimpinan DPR bahwa keputusan mengganti Ade dengan Novanto belum menjadi keputusan resmi partai.

Kebijakan itu baru sebatas keputusan internal partai. Aburizal hanya menyebut bahwa kata sepakat itu didasar atas persetujuan DPP dan seluruh struktur Dewan Pembina partai berlambang beringin tersebut.

"Pertimbangan sudah diberikan oleh Saudara Idrus Marham dan dapat diterima. Tidak ada penolakan dari semua DPP dan semua Wanbin," ujar Aburizal.

(Baca juga: Setya Novanto Kembali Digadang Jadi Ketua DPR, Apa Kata Aburizal Bakrie?)

Aburizal pun menyerahkan proses pengangkatan Novanto menjadi Ketua DPR ke mekanisme yang ada.

Rapat Pleno DPP Partai Golkar, pada Senin (21/11/2016) memutuskan Setya Novanto kembali diajukan sebagai Ketua DPR RI menggantikan kader Golkar yang lainnya, Ade Komarudin.

Beberapa saat setelah itu, Dewan Pembina Partai Golkar berkirim surat ke pimpinan DPR. Wanbin Golkar berpendapat bahwa keputusan itu belum dibahas antara DPP dan Wanbin Golkar.

(Baca: Dewan Pembina Golkar Kirim Surat Minta Pergantian Ketua DPR Ditunda)

Kompas TV Polemik Kembalinya Novanto ke Puncak Senayan

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisFabian Januarius Kuwado
EditorBayu Galih
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM