Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Luhut, Presiden Jokowi Selalu Terkenang PAN dan Reformasi

Kompas.com - 29/05/2016, 22:31 WIB
Rakhmat Nur Hakim

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Panjaitan mewakili Presiden Joko Widodo yang seyogyanya hadir untuk membuka Rapat Kerja Nasional Partai Amanat Nasional (PAN). Dia pun membacakan pidato Presiden Jokowi yang seharusnya dibacakan dalam pembuka Rakernas PAN tersebut.

Dalam pidato tersebut, Presiden berpesan agar PAN menjadi partai yang selalu mengawal agenda reformasi.

"Setiap hadir di acara PAN, dan setiap ingat PAN maka saya ingat reformasi," ujar Luhut membacakan pesan Jokowi saat membuka Rakernas PAN di JIExpo, Jakarta, Minggu (29/5/2016).

Luhut melanjutkan, sebagai partai, PAN memiliki jejak sejarah istimewa. PAN lahir dari rahim reformasi dan didirikan oleh tokoh yang hendak mewujudkan Indonesia baru dan Indonesia yang lebih baik.

(Baca: Wakili Jokowi Di Rakernas PAN, Luhut Disambut Sorakan Hadirin)

Ada tiga tugas utama dalam menjalankan agenda reformasi yakni pemberantasan korupsi, peningkatan lapangan pekerjaan, dan menghapuskan kesenjangan sosial yang masih tinggi.

"Untuk menuntaskan reformasi butuh persatuan dan gotong royong termasuk harus dilakukan oleh semua kader PAN di seluruh tanah air," lanjut Luhut.

(Baca: Buka Rakernas PAN, Zulkifli Bicara Soal Komunis Hingga Kesenjangan)

Dalam Rakernas, peserta akan membahas dua hal, yakni internal dan eksternal PAN. Persoalan internal, misalnya penyempurnaan sejumlah aturan partai. Ada 23 peraturan partai yang akan disempurnakan sekaligus disesuaikan dengan AD/ART PAN yang telah disahkan dalam Kongres 2015 lalu.

Adapun, tentang persoalan eksternal, peserta akan membahas sejumlah isu, mulai dari kesejahteraan masyarakat, kejahatan seksual, hingga konsolidasi menjelang Pilkada serentak 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com