Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Akan Buat Tiga Kesepakatan di Timur Tengah

Kompas.com - 11/09/2015, 15:12 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Timur Tengah, Jumat (11/9/2015), dalam rangka kunjungan kerja ke tiga negara hingga Selasa (15/9/2015). Dalam kunjungan itu, akan ditandatangani sejumlah kesepakatan terkait sektor pariwisata, perdagangan manusia, dan kerja sama ekonomi.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Tim Komunikasi Presiden, ketiga kesepakatan itu adalah Perjanjian Bebas Visa bagi Pemegang Paspor Diplomatik, Dinas, dan Khusus antara Indonesia dan Qatar.

Selain itu, Perjanjian Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang antara Indonesia dan Uni Emirat Arab. Ada pula, Deklarasi Kehendak Pembentukan Kerja sama Strategis antara Indonesia dan Gulf Cooperation Council. (baca: Sebelum Bertolak ke Timur Tengah, Jokowi Bicara Empat Mata dengan Rizal Ramli)

Di dalam kunjungan kerja tersebut, beberapa perusahaan Indonesia juga akan melakukan kesepakatan kerja sama dengan mitranya di tiga negara tersebut. Perusahaan Indonesia yang akan melakukan kesepakatan tersebut antara lain PT. Pindad, PT. Dirgantara Indonesia dan PT. PAL, disamping juga rencana investasi dari Lulu Hypermarket di Indonesia.

Untuk diketahui, nilai perdagangan Indonesia dan Arab Saudi pada tahun 2014 mencapai US$ 8,6 miliar dengan nilai investasi di Indonesia mencapai US$ 29,3 juta di paruh pertama tahun 2015.

Sedangkan nilai perdagangan Indonesia dengan Uni Emirat Arab pada tahun 2014 mencapai US$ 4,25 miliar dengan nilai investasi Uni Emirat Arab di Indonesia mencapai US$ 25,365 juta.

Nilai perdagangan Indonesia dan Qatar pada tahun 2014 tercatat sebesar US$ 1,68 milyar dengan sejumlah investasi di Indonesia seperti kepemilikan saham pada Indosat dan QNB-Kesawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com