Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zulkifli Hasan: Munas seperti Kompetisi Abang-Adik, PAN Takkan Pecah

Kompas.com - 19/01/2015, 19:29 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Partai Amanat Nasional (PAN) yakin tidak akan ada kekuatan politik dari mana pun yang akan bisa memecah PAN jelang munas ke-IV akhir bulan nanti di Bali. Menurut salah satu calon ketua umum PAN, Zulkifli Hasan, ini disebabkan kultur di PAN yang seperti keluarga.

"Kompetisi perebutan ketua umum adalah kompetisi keluarga, antara adik dan abang. Karena itu, saya yakin tidak akan ada intervensi dari pihak mana pun," kata Zulkifli Hasan di Surabaya, Senin (19/1/2015).

Zulkifli, yang juga Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), ini melanjutkan, munas bagi PAN adalah bagian dari demokratisasi yang tidak harus disikapi secara berlebihan.

"Hubungan saya dengan Pak Hatta dan calon-calon lainnya baik-baik saja. Tidak pernah ada masalah. Komunikasi juga baik," ucapnya.

Dia yakin, menjelang munas hingga pasca-munas nanti, PAN tidak akan terpecah belah seperti Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Selain Zulkifli Hasan, dua nama lain yang dipastikan maju dalam bursa ketua umum PAN, yaitu Ketua Umum PAN saat ini, Hatta Rajasa, dan Wakil Ketua Umum PAN 2010-2015 Dradjad Wibowo.

Nama Hatta kembali muncul dalam bursa pencalonan ketua umum karena dianggap berhasil memimpin PAN sejak tahun 2010. Namun, hal berbeda diungkap salah satu pendiri PAN, Amien Rais, yang menginginkan ada pergantian kepemimpinan di PAN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com