Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuasa Hukum Bantah Hasto Menghilang Setelah Diperiksa KPK

Kompas.com - 29/06/2024, 21:10 WIB
Fika Nurul Ulya,
Ardito Ramadhan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuasa Hukum Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto, Ronny Talapessy, membantah kabar yang menyebut Hasto menghilang dari publik setelah diperiksa sebagai saksi kasus suap eks caleg PDI-P Harun Masiku.

Ronny mengatakan, kliennya itu beberapa kali tetap tampil di hadapan publik, termasuk saat meninjau persiapan acara Bulan Bung Karno di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (29/6/2024) sore hari ini.

"Tidak ada (menghilang di publik), selalu ada. Teman-teman melihat ada kan," kata Ronny di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu.

Menurut Ronny, Hasto sedang sibuk mengurus pilkada sehingga jarang muncul di muka publik.

Baca juga: Politikus PDI-P Nilai Pemeriksaan Hasto Erat dengan Politik Hukum, Anggap Kasus Harun Masiku Musiman

Ia lantas menyinggung kasus Harun Masiku yang ia anggap sebagai senjata politik karena selalu muncul ketika dinamika politik menghangat.

"Jadi memang Pak Sekjen Pak Hasto, fokus memenangkan Pilkada. PDI-P, kita, mempersiapkan untuk Pilkada yang akan datang, karena kita lihat ketika Pilkada isu Harun Masiku naik lagi. Ini jadi tanda tanya buat kita semua," kata Ronny.

Harun Masiku adalah tersangka kasus dugaan suap terhadap eks komisioner Komisi Pemilihan Umum Wahyu Setiawan. Harun diduga menyuap Wahyu untuk memuluskan jalannya menjadi anggota DPR lewat mekanisme pergantian antarwaktu.

Baca juga: PDI-P Sebut Hasto Masih Pimpin Rapat Internal Persiapan Pilkada 2024

KPK menetapkan empat orang tersangka dalam kasus ini. Selain Wahyu dan Harun, ada juga kader PDI-P Saeful Bahri dan mantan anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina.

Wahyu, Saeful, dan Agustiani telah divonis dan dinyatakan bersalah. Sedangkan Harun masih berstatus buronan setelah lolos dari operasi tangkap tangan pada Januari 2020.

Hasto diperiksa sebagai saksi kasus Harun Masiku pada Senin (10/6/2024) lalu. Dalam pemeriksaan itu, KPK menyita telepon seluler dan buku catatan Hasto dari tangan ajudannya, Kusnadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com