Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Pertamina dan Polri Jalin Kerja Sama dalam Publikasi untuk Edukasi Masyarakat

Kompas.com - 23/04/2024, 21:39 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menjalin sinergi dalam upaya menyampaikan informasi yang mengedukasi masyarakat melalui berbagai kanal pemberitaan dan media sosial (medsos).

Adapun tujuan dari penyampaian informasi tersebut adalah untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap informasi publik.

Kepala Divisi (Kadiv) Hubungan Masyarakat (Humas) Polri (Polri) Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi (Pol) Dr Sandi Nugroho menjelaskan bahwa sebagai garda terdepan dalam mengelola dan menyampaikan informasi kepada masyarakat, Divisi Humas Polri berusaha untuk menyesuaikan tren kekinian generasi milenial dan generasi Z (Gen Z) dengan meningkatkan digitalisasi informasi.

Baca juga: Riset: Gen-Z Lebih Suka Googling di TikTok, Milenial di Google

Salah satu upayanya adalah melalui aplikasi Portal Humas Presisi, Platform online ini menyediakan berbagai informasi dan fitur, termasuk e-Learning untuk meningkatkan kompetensi personel Polri di bidang kehumasan.

Selain itu, melalui fitur medsos yang terkini, anggota Polri dan masyarakat secara luas dapat berpartisipasi sebagai jurnalis warga, sehingga meningkatkan sumber informasi yang dapat disampaikan kepada masyarakat secara objektif dan dapat dipercaya.

Sandi menjelaskan bahwa sebagai langkah dalam transformasi publikasi, Polri menyesuaikan tren kekinian dalam penyebaran informasi dengan menggandeng BUMN Pertamina dan stakeholder lainnya.

“Sinergi ini meliputi pemanfaatan data informasi untuk publikasi dan edukasi, serta peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di bidang kehumasan bagi personel Polri secara umum dan personel humas Polri secara khusus,” jelasnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (23/4/2024).

Peran aktif Polri dalam penuhi kebutuhan masyarakat

Pada kesempatan yang sama, Vice President (VP) Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan bahwa Humas Polri telah berperan aktif dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi secara real-time.

“Humas Polri telah banyak berkontribusi untuk Pertamina dalam penyebaran informasi melalui media lokal, nasional maupun medsos. (Mereka juga terlibat) dalam berbagai aksi positif membantu Pertamina dalam mengelola energi terutama penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dan liquefied petroleum gas (LPG) subsidi dengan tepat sasaran,” tutur Fadjar.

Baca juga: Jelang Lebaran, Pertamina Gelontorkan Tambahan Hampir 3 Juta Tabung LPG 3 Kilogram di Jawa Timur

Fadjar mengatakan, Pertamina dan Polri diharapkan dapat terus bersinergi.

Lebih lanjut, Fadjar berharap Pertamina dan Polri dapat terus bekerja sama dalam hal publikasi dan edukasi, serta menjadi penggerak tren informasi bagi kalangan milenial dan masyarakat secara luas.

"Khususnya dalam mendukung penggunaan BBM dan LPG subsidi sesuai peruntukannya, serta distribusi energi yang berkelanjutan kepada masyarakat," tutur Fadjar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com