Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Pertamina Bina Medika IHC dan Singhealth Kolaborasi Tingkatkan Layanan Kesehatan

Kompas.com - 01/05/2024, 10:21 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – PT Pertamina Bina Medika atau Indonesia Healthcare Corporation (IHC) menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan SingHealth mengenai cross-sharing praktik klinis, inovasi, dan pelatihan untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan.

MoU tersebut ditandatangani Direktur Utama IHC Mira Dyah Wahyuni dan Group Chief Executive Officer (CEO) SingHealth Ng Wai Ho di The Meru Bali, Selasa (30/4/2024).

Penandatangan itu disaksikan Menteri Kesehatan (Menkes) Singapura Ong Ye Kung yang hadir khusus di sela-sela kegiatan mendampingi Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Bogor.  

Menkes Singapura pun didampingi oleh CEO Singapore General Hospital (SGH) Kenneth Kwek serta perwakilan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI), Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI.

Untuk diketahui, SingHealth melayani rumah sakit (RS) akut, pusat spesialis nasional, RS komunitas, dan poliklinik.

Baca juga: Menginspirasi, Local Hero Pertamina Group Sabet 8 Penghargaan dari Kementerian LHK

Grup layanan kesehatan masyarakat terbesar di Singapura itu juga memiliki reputasi baik dalam memberikan pelayanan kesehatan berkualitas tinggi. 

Sebagai contoh, Singapore SGH merupakan rumah sakit tersier akut terbesar SingHealth di Singapura.

RS tersebut  menyediakan perawatan komprehensif yang berpusat pada pasien dengan lebih dari 50 spesialisasi klinis di kampus dan menduduki peringkat nomor 11 di dunia pada 2024 menurut majalah Newsweek. 

Melalui MoU tersebut, IHC akan mendapatkan akses terhadap pengetahuan dan keahlian SingHealth di berbagai bidang, seperti manajemen RS, pelatihan staf, serta penelitian dan pengembangan.

Kerja sama itu diharapkan membuat posisi IHC, khususnya Bali International Hospital (BIH), menjadi lebih kuat sebagai destinasi medical tourism. 

Baca juga: Dorong Kelestarian Ekosistem Laut, Pertamina Patra Niaga Raih Penghargaan Kepatuhan KKPRL dari Kementerian KP

Kolaborasi itu melingkupi peningkatan clinical capacity building, transformasi dalam pelayanan asuhan keperawatan, dan patient journey.

Mira mengatakan, sebagai sebuah holding RS BUMN, pihaknya berkomitmen meningkatkan kualitas layanan kesehatan melalui kolaborasi erat dengan SingHealth. 

“Dengan ditandatanganinya MoU ini, IHC memasuki era baru kolaborasi yang akan membawa manfaat besar baik bagi IHC maupun masyarakat Indonesia,” ujarnya dalam siaran pers. 

Tiga bidang prioritas

Kolaborasi IHC dengan SingHealth akan menyasar tiga bidang prioritas strategis. 

Pertama, clinical excellence, yang menggarisbawahi pentingnya kualitas, keselamatan pasien, dan penelitian berdasarkan evidence-based practice. 

Baca juga: Dorong UMKM Go Global, Pertamina Kembali Gelar UMK Academy 2024

Halaman:
Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com