Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertambah, Kini 1.747 TPS di 20 Provinsi Akan Hitung Suara Ulang

Kompas.com - 23/02/2024, 18:09 WIB
Vitorio Mantalean,
Icha Rastika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang akan menggelar penghitungan suara ulang terus bertambah dibandingkan data pada Kamis (22/2/2024) malam. 

Data per Kamis (22/2/2024), ada 661 TPS yang akan melakukan hal itu. Sementara itu, hingga Jumat (23/2/2024) sore, total 1.747 TPS akan melakukan penghitungan suara ulang.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU RI Idham Holik mengatakan bahwa TPS yang akan melakukan penghitungan suara ulang tersebar di 20 provinsi.

"Tersebar di 148 kabupaten/kota, 545 kecamatan, 1.154 desa/kelurahan," ujar Idham kepada Kompas.com, Jumat.

Baca juga: Lewat Surat, PDI-P Tolak Penggunaan Sirekap sebagai Alat Bantu Penghitungan Suara

Dalam jumpa pers, Jumat petang, Idham mengatakan bahwa ada sejumlah penyebab TPS-TPS tersebut harus melakukan penghitungan suara ulang.

"Pertama, ada temuan dari Bawaslu, berdasarkan informasi yang disampaikan pengawas TPS, misalnya, saat (perolehan suara) dibacakan KPPS, suara ketua KPPS kurang lantang, kurang jelas," ujar dia.

"Mungkin karena faktor jam kerja yang cukup lama, yang akhirnya membuat ketua KPPS menurun volumenya. Itu salah satu sebab," kata Idham.

Terjadi pula sejumlah preseden ketidaktepatan penulisan hasil penghitungan suara dalam bentuk turus di formulir C.Hasil plano di TPS. Ketidaktepatan ini menjadi sorotan para saksi di TPS.

"Misalnya, ada pemilih mencoblos lambang partai dan nama caleg, tapi suaranya dimasukkan ke nama partai, harusnya masuk ke nama caleg," kata Idham.

"Ada KPPS yang, ketika disebut lambang partai dan nama caleg pada nomor tertentu, tapi ditulis (suara untuk caleg) nomor lainnya," ucap dia.

Baca juga: Seorang Caleg Gerindra di Buton Selatan Meninggal Usai Pantau Penghitungan Suara, Diduga Kelelahan

Ia menegaskan, penghitungan suara ulang ini merupakan wujud dan pembuktian transparansi dari KPU, agar perolehan suara yang dihitung betul-betul presisi.

Berikut daftar wilayah yang sejumlah TPS-nya akan melakukan penghitungan suara ulang:

Sumatera Barat

Nusa Tenggara Barat

Sulawesi Barat

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com