Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Salurkan Kebaikan Rakyat Indonesia, Dompet Dhuafa Kirim Ribuan Bantuan untuk Palestina

Kompas.com - 06/11/2023, 11:26 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Dompet Dhuafa melalui Disaster Management Center (DMC) mengirim ribuan paket bantuan untuk warga Palestina.

Bantuan yang dikirimkan oleh Dompet Dhuafa melalui kolaborasi dengan pemerintah Indonesia itu berupa matras 1.000 pcs, selimut dewasa 660 pcs, dan selimut bayi 1.000 pcs.

Pelepasan bantuan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Direktur Layanan Sosial Dakwah Budaya Dompet Dhuafa Ahmad Shonhaji dan Chief Executive DMC Dompet Dhuafa Arif Rahmadi Haryono di markas besar DMC Dompet Dhuafa, Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis (2/11/2023).

Direktur Layanan Sosial Dakwah Budaya Dompet Dhuafa Ahmad Shonhaji mengatakan, kepedulian pihaknya terhadap masyarakat Palestina bukanlah hal baru.

Baca juga: Serba-serbi Poster Dukungan dalam Aksi Bela Palestina di Jakarta

“Dalam sejarah Dompet Dhuafa, pada 2008-2009, kami juga melakukan upaya (bantuan) kemanusiaan ketika Gaza dibombardir Israel,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (6/11/2023).

Shonhaji mengaku bersyukur, pihaknya dapat kembali mengirimkan bantuan yang akan dikirim melalui kerja sama dengan pemerintah Indonesia.

“Ada beberapa upaya yang sudah kita lakukan. Kita melalui mitra (lokal Palestina) kesehatan yang sudah membantu masyarakat dan kemudian melalui pemerintah Indonesia,” imbuh Shonhaji.

Adapun bantuan yang dikirim telah dikemas Dompet Dhuafa bersama relawan kemanusiaan dari pagi hingga malam. Mereka bahu-membahu dari satu relawan ke relawan lain hingga proses pemasukan barang ke dalam armada taktis Dompet Dhuafa.

Baca juga: Gelar Rakernas, Dompet Dhuafa Bekali Dai dengan Strategi Pengembangan Dakwah di Indonesia

Kemudian seusai acara pelepasan, paket bantuan paket bantuan untuk Palestina akan diantarkan menuju gudang Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU), Jumat (3/11/2023).

Sementara itu, Chief Executive DMC Dompet Dhuafa Arif Rahmadi Haryono mengatakan bahwa kondisi warga Palestina menyita perhatian pihaknya.

“Kondisi ini menyita perhatian Dompet Dhuafa dan juga dunia bahwa agresi yang dilakukan Israel terhadap Palestina pada Oktober ini jauh melebihi dari semua agresi militer yang dilakukan Israel selama ini,” jelasnya.

Arif menegaskan bahwa Dompet Dhuafa mengutuk pemblokiran akses pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat Palestina.

Baca juga: Solidaritas untuk Palestina Bergema dari Jakarta

“Ini merupakan pelanggaran terhadap hukum internasional dan perlu segera mungkin dilakukan pengiriman bantuan dan juga pembukaan akses bantuan kemanusiaan di wilayah Gaza,” imbuhnya.

Bentuk solidaritas dan komitmen Dompet Dhuafa

Untuk diketahui, semua bantuan dan pelayanan yang dikirimkan adalah bentuk solidaritas dan komitmen Dompet Dhuafa dalam mendukung kemerdekaan Palestina.

Sebelumnya, ambulan medis mitra Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa terkena serangan rudal Israel. Bagian depan mobil ambulan rusak hingga tidak bisa beroperasi kembali.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com