Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panglima TNI ke Pentagon, Bahas Stabilitas Keamanan Laut China Selatan dengan Jenderal Milley

Kompas.com - 25/06/2023, 09:47 WIB
Nirmala Maulana Achmad,
Icha Rastika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memenuhi undangan Chairman of the Joint Chief of Staff (CJCS) atau Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat Jenderal Mark A. Milley di Washington DC, Rabu (21/6/2023) waktu AS.

Bertempat di Pentagon, Panglima Yudo dan Jenderal Milley membahas berbagai peluang kerja sama militer, baik di bidang latihan, pendidikan, kunjungan antarpejabat maupun pertukaran informasi.

“Kerja sama antar-angkatan bersenjata ini juga bertujuan untuk menjaga stabilitas keamanan kawasan Laut China Selatan (LCS), khususnya wilayah regional ASEAN,” kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksda Julius Widjojono dalam keterangan tertulis, dikutip pada Minggu (25/6/2023).

Baca juga: Kisah Moeldoko, Anak Petani yang Bosan Hidup Miskin hingga Akhirnya Jadi Panglima TNI

Dalam kesempatan itu, Yudo juga bertemu dengan Assistant US Secretary of Defense Bidang Asia Pasifik dan Asia Timur, Ely Ratner.

Siaran pers Puspen TNI menyebutkan, langkah ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk terus menerus meningkatkan kualitas dan kapabilitas TNI sebagai kekuatan militer yang modern, profesional, dan tangguh dalam menjalankan tugas pokoknya menjaga keutuhan NKRI.

Di sela-sela kunjungannya, Yudo juga mendatangi Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk bertemu staf kedutaan.

Baca juga: Pengamat Prediksi Peluang KSAD Jadi Panglima TNI Selanjutnya Paling Besar, dengan Syarat...

Yudo menyempatkan diri berdiskusi dengan para kadet di Amerika dan memberikan arahan terkait perkembangan di Tanah Air.

Panglima berpesan kepada para perwira TNI yang diberikan kesempatan belajar di luar negeri untuk dapat belajar dan menimba pengalaman agar memberikan perubahan dan kebaruan dalam institusi TNI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com