Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satgas: Endemi Bukan Berarti Penyakit Covid-19 Hilang

Kompas.com - 22/06/2023, 11:42 WIB
Rahel Narda Chaterine,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menekankan perubahan status ke endemi Covid-19 bukan  menandakan bahwa virus tersebut sudah hilang dari Indonesia.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, berdasarkan definisi dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) endemi adalah kondisi dimana penyakit terjangkit di suatu wilayah terbatas pada populasi tertentu .

“Dari definisi ini penting untuk mengetahui bahwa endemi bukan berarti penyakit covid-19 hilang dari Indonesia sepenuhnya, namun sudah menurun risikonya untuk menular,” ujar Wiku dalam konferensi pers di YouTube BNPB, Kamis (22/6/2023).

Baca juga: Disebut Jokowi Saat Umumkan Status Pandemi Covid-19 Dicabut, Apa Arti Endemi?

Oleh karenanya, Wiku mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga diri agar terhindar dari virus Covid-19.

Menurutnya, masyarakat juga harus tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat atau PHBS dalam kegiatan sehari-hari.

Dia berharap protokol kesehatan memakai masker mencuci tangan dan menjaga jarak yang selalu diterapkan selama 3 tahun ke belakang masih menjadi kebiasaan yang diterapkan masyarakat.

“Diharapkan masyarakat tetap menggunakan masker apabila dalam keadaan tidak sehat atau berisiko tertular Covid-19, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta memantau kesehatan pribadi dengan menerapkan PHBS dan segera berobat bila sakit,” tuturnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan pencabutan status pandemi Covid-19 di Indonesia melalui YouTube resmi Sekretariat Presiden pada Rabu (21/6/2023).

Sejumlah pertimbangan yang dijadikan pemerintah sebelum resmi melakukan pencabutan status pandemi di antaranya angka konfirmasi harian kasus Covid-19 mendekati nihil, hasil survey menunjukkan 99 persen masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi Covid-19.

Kemudian, WHO juga telah mencabut status public health emergency of internasional concern.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Dinyatakan Berakhir, IDI Beri 3 Catatan Penting untuk Masa Endemi

Meski begitu, Jokowi tetap meminta masyarakat tetap berhati-hati.

"Walaupun demikian, saya meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati serta terus menjalankan perilaku hidup sehat dan bersih," tegas Jokowi.

"Tentunya dengan keputusan ini pemeirntah berharap perekonomian nasional akan bergerak semakin baik dan meningkatkan kualitas kehidupan sosial ekonomi masyarakat," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com