Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Kemungkinan Pertemuan Megawati-SBY, PDI-P: Tergantung Dialog Puan dan AHY

Kompas.com - 15/06/2023, 09:51 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Bagus Santosa

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP PDI-P Djarot Saiful Hidayat menjawab kemungkinan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu.

Menurutnya, pertemuan kedua petinggi partai itu baru bisa terjawab sesudah dialog antara Ketua DPP PDI-P Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang akan digelar dalam waktu dekat,

"Sehingga untuk tahap berikutnya (kemungkinan Megawati-SBY bertemu), tergantung kepada bagaimana dialog antara Mbak Puan dengan Mas AHY," kata Djarot dalam acara Satu Meja The Forum dikutip dari YouTube Kompas TV, Kamis (15/6/2023).

Baca juga: Syarief Hasan: Demokrat Sangat Terbuka Bekerja Sama dengan PDI-P

Djarot menyampaikan bahwa di PDI-P, tugas untuk menemui partai politik dijalankan oleh Puan Maharani. Hal tersebut, jelas dia, merupakan penugasan dari Megawati.

Dengan demikian, PDI-P begitu bergantung pada dialog yang dijalankan Puan dengan petinggi petinggi partai politik lain.

"Sampai sekarang, itu kewenangan (tahapan komunikasi selanjutnya) ada pada Mbak Puan," imbuh dia.

Djarot meyakini, Puan berhasil melaksanakan dialog antar petinggi partai. Sebab, beragam hal positif, sebut Djarot, sudah dihasilkan Puan lewat kepemimpinannya dalam tim pemenangan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Adapun Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut Djarot merupakan contoh keberhasilan Puan sebagai Ketua Tim Pemenangan Pemilu di PDI-P.

"Mbak Puan itu berpengalaman menjadi ketua tim pemenangan sejak Mas Ganjar di Jawa Tengah, sampai dengan Pak Jokowi 2014 dan 2019," ungkap Djarot.

Baca juga: Demokrat Sebut Tiga Ketum Beri Mandat kepada Anies untuk Tunjuk Cawapres

Diketahui, pertemuan Puan dan AHY direncanakan akan melakukan pertemuan.  Hal ini mengemuka setelah Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto dan Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya bertemu di kawasan Blok M, Jakarta Selatan.

Diakui Riefky, pertemuan itu memang membahas rencana pertemuan Puan dan AHY setelah masuknya nama AHY dalam radar calon wakil presiden (cawapres) PDI-P.

Baca juga: Janji PDI-P Tak Ganggu Koalisi Perubahan meski Kini Hangat dengan Demokrat...

Riefky Harsya mengatakan, pertemuan yang akan dilakukan kedua tokoh tersebut baik untuk masa depan bangsa dan negara.

“Partai Demokrat menyambut baik rencana silaturahmi Mbak Puan Maharani dengan Mas AHY, dalam kapasitasnya sebagai dua pemimpin muda, yang menatap masa depan, dan hari esok yang lebih baik, untuk bangsa dan negara kita bersama,” kata Teuku Riefky, melalui keterangan tertulis, Minggu (11/6/2023).

Teuku Riefky pun menyatakan, pihaknya juga terbuka terhadap seluruh partai politik untuk melakukan kerja sama dalam kontestasi pemilihan umum (pemilu) 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com