Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Resmikan Masjid Istiqlal Osaka yang Didirikan WNI di Jepang

Kompas.com - 06/03/2023, 22:34 WIB
Ardito Ramadhan,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meresmikan Masjid Istiqlal Osaka yang didirikan oleh masyarakat Indonesia di Jepang, Senin (6/3/2023).

"Alhamdulillah, saya sungguh berbahagia menyaksikan Masjid Istiqlal Osaka, sebagai masjid kebanggaan kita semua, masjid pertama dan terbesar di Jepang yang dibangun oleh masyarakat Indonesia," kata Ma'ruf Amin, dikutip dari siaran pers, Senin.

Ma'ruf mengatakan, Masjid Istiqlal Osaka hendaknya tidak hanya menjadi tempat ibadah bagi warga muslim di Jepang, tapi juga dimanfaatkan untuk kepentingan ekonomi dan sosial-budaya bagi umat.

Ia juga menyambut baik rencana pengurus Masjid Istiqlal Osaka yang ingin membangun madrasah dan klinik di masjid tersebut.

"Fungsi masjid semakin berkembang di dunia modern ini. Saya mengharapkan masjid menjadi tempat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, baik dalam mengembangkan konsep maupun praktiknya," katanya.

Baca juga: Wapres Maruf Amin Minta Pejabat Jujur Isi LHKPN

Ma'ruf Amin lantas berharap, masjid berkapasitas 1.500 orang jemaah itu dapat menjadi pusat dakwah yang menggambarkan Islam sebagai agama yang sejuk, toleran, dan damai.

"Saya juga harapkan MIO dapat menjadi etalase citra dan wajah Islam yang sebenarnya, yang menyejukkan, toleran, maju dan damai," kata Ma'ruf.

Mantan ketua umum Majelis Ulama Indonesia ini juga berpesan kepada segenap pengurus dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) untuk terus menjaga kebersihan dan keindahan masjid.

"Saya titip pesan kepada seluruh DKM Masjid Istiqlal Osaka dan badan pengelola agar menjaga Masjid Istiqlal ini, dikelola secara profesional, sehingga tetap indah, bersih, dan makmur demi kepentingan peribadatan dan kesejahteraan umat," ujarnya

Tak ketinggalan, Ma'ruf Amin menyampaikan apresasi kepada pemerintah Jepang, khususnya Pemerintah Kota Osaka dalam mendukung pembangunan Masjid Istiqlal Osaka.

“Saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Jepang, khususnya Gubernur Osaka, yang telah memberikan dukungan atas pendirian masjid ini,” kata Ma'ruf Amin.

Baca juga: Kunker ke Jepang, Wapres Akan Bicara Soal Toleransi Beragama dan Resmikan Masjid Istiqlal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com