Kompas.com - 27/04/2022, 15:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengimbau agar pos-pos operasi mudik Lebaran 2022 menyediakan sentra-sentra vaksin bagi para pemudik.

Hal ini mengingat situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

"Vaksin booster di pos operasi mudik tersedia gratis. Para pemudik sebaiknya divaksin booster terlebih dahulu karena kita ingin Covid-19 di Indonesia tetap terkendali," kata Moeldoko dilansir dari siaran pers KSP, Rabu (27/4/2022).

Pada Rabu, Moeldoko mengecek kesiapan posko mudik dan sentra vaksinasi gratis yang disediakan oleh Polri di kilometer 277 ruas jalan Pematang Panggang, Tol Trans Sumatera Lampung-Palembang.

Baca juga: Tindak Lanjuti Putusan MA soal Vaksin Halal, Kemenkes Siapkan Sinovac Jadi Booster

Selain melihat kesiapan sentra vaksinasi, Moeldoko secara langsung menyusuri ruas tol Terbanggi Besar–Pematang Panggang-Kayu Agung, untuk meninjau penyelesaian perbaikan ruas rusak Jalan Tol Trans Sumatera dan antisipasi kepadatan transportasi saat mudik Lebaran.

"Antisipasi mudik di Jalan Tol Trans Sumatera sudah sangat baik. Saya bisa pastikan bahwa semua pihak sudah memastikan kesiapan semua fasilitas penunjang. Termasuk rest area, toilet, dan stasiun pengisian bahan bakar," jelas Meoldoko.

Moeldoko juga berdialog dengan para pemudik di rest area Km 234 untuk menanyakan fasilitas apa yang masih perlu ditingkatkan.

Baca juga: Update Lokasi Vaksinasi Booster di Jabodetabek untuk Syarat Mudik Lebaran 2022

Dia pun meninjau kebersihan toilet dan ketersediaan air di rest area.

Sebagaimana diketahui, diperkirakan 85 juta warga melakukan mudik pada Lebaran tahun ini.

Adapun puncak arus mudik di kawasan Lampung melalui Jalan Tol Trans Sumatera dan Pelabuhan Bakauheni diperkirakan terjadi di pada 29 dan 30 April 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.