Kompas.com - 27/04/2022, 15:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Program Studi Spesialis Kedokteran Keluarga Layanan Primer Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) Dhanasari Vidiawati menyarankan pemudik terus menggunakan masker selama perjalanan menuju kampung halaman.

Dhanasari mengatakan, masker mesti terus dikenakan untuk mencegah tertular Covid-19 dari orang tanpa gejala (OTG) yang berada dalam satu kereta atau bus selama perjalanan mudik.

"Orang lain yang ada di satu gerbong dengan kita atau satu bus dengan kita siapa tahu dia OTG karena kita sekarang tidak diwajibkan lagi untuk swab test antigen atau PCR," kata Dhanasari dalam talkshow yang ditayangkan akun YouTube BNPB Indonesia, Rabu (27/4/2022).

"Sehingga ada kemungkinan memang orang lain itu OTG, atau malah kita sendiri, sehingga kita memang harus berjaga-jaga dengan tetap menggunakan masker," ujar Dhanasari melanjutkan.

Baca juga: Transisi Menuju Endemi, Jokowi Ungkap Kemungkinan Masyarakat Boleh Buka Masker

Selain mengenakan masker, Dhanasari juga mengingatkan agar pemudik senantiasa menjaga jarak dengan orang lain.

Ia mengakui hal itu tak mudah dilakukan apabila pemudik menumpangi transportasi umum.

Baca juga: Bolehkah Membawa Hewan Peliharaan Mudik? Ini Kata Dokter Hewan
Oleh karena itu, ia menyarankan agar pemudik yang menggunakan angkutan umum mengenakan masker dua lapis sebagaimana anjuran Badan Kesehatan Dunia (WHO). 

"Masker medis di dalam, masker kain di luar, jadi jangan dilepas," ujar Dhanasari.

Demi menghindari membuka masker, ia juga menyarankan pemudik untuk membawa minuman yang bisa diminum dengan sedotan.

"Jadi menyedikitkan sekali membuka masker, pada saat kita harus membuka masker, kita menjauhi orang-orang lain sekitar 1,5 meter," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.