Kompas.com - 12/04/2022, 16:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo berjanji pemerintah akan serius dalam menindaklanjuti hasil pengawasan Ombudsman RI.

Hal ini Jokowi sampaikan saat menerima pimpinan Ombudsman RI di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (12/4/2022).

"Pak Presiden menjanjikan menseriusi hasil pengawasan Ombudsman untuk ditindaklanjuti oleh presiden karena memang yang diserahkan adalah laporan-laporan pengawasan," kata anggota Ombudsman RI, Dadan Suparjo Suharmawijaya, usai bertemu dengan presiden, Selasa.

Baca juga: Dilantiknya Komisioner KPU RI oleh Jokowi dan Penegasan Pemilu Digelar 14 Februari 2024

Menurut Dadan, presiden menyampaikan bahwa Ombudsman merupakan lembaga negara yang berwenang mengawasi pelayanan publik.

Hasil pengawasan itu selanjutnya akan diserahkan ke pemerintah. Oleh karenanya, pemerintah harus serius dalam menindaklanjuti.

Adapun dalam pertemuannya dengan presiden, pimpinan Ombudsman menyampaikan laporan tahunan 2021.

Ketua Ombudsman Mokhammad Najih mengatakan, hasil kinerja Ombudsman selama tahun lalu terfokus kepada beberapa isu di antaranya penyelesaian laporan masyarakat, pencegahan maladministrasi, hingga pengembangan kelembagaan.

"Jadi kami dalam kesempatan ini juga menyampaikan untuk melakukan peningkatan atau penguatan kelembagaan lewat perbaikan atau revisi UU dan juga peraturan perundang-undangan berkaitan dengan Ombudsman RI dan juga pemenuhan sarana prasarana yang lain," ujar Najih.

Baca juga: Temui Luhut, Mahasiswa UI Perdebatkan soal Big Data Dukungan Penundaan Pemilu 2024

Menurut Najih, presiden menyambut baik kinerja Ombudsman selama satu tahun terakhir.

Jokowi juga menyampaikan harapannya bahwa di masa-masa mendatang Ombudsman bisa terus bekerja dan meningkatkan pengawasannya lebih baik lagi.

Presiden pun berharap Ombudsman terus bersinergi dengan kelembagaan negara, kementerian, hingga pemerintah daerah dalam bekerja.

"Kami mengharapkan dukungan dari presiden agar seluruh kementerian, lembaga negara, dan instansi terkait dengan pengawasan pelayanan publik melakukan kerja sama untuk koordinasi dan bersinergi dalam rangka penyelesaian laporan masyarakat," kata Najih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.