Kompas.com - 21/03/2022, 19:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Video terkait tumpahnya minyak goreng ke laut yang viral di media sosial TikTok dinyatakan hoaks.

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kalimantan Timur mengungkapkan, yang mengunggah pun mengaku hanya iseng.

Hal itu disampaikan Direktur Ditreskrimsus Polda Kalimantan Timur Kombes Polisi Indra usai melakukan klarifikasi terhadap Candra Sasmita, pemilik akun TikTok @candrasurveyor91 yang mengunggah video tersebut.

"Maksud dan tujuan saudara Candra Sasmita pemilik akun @candrasurveyor91 mengatakan di dalam video TikTok terdapat tumpah minyak goreng sebanyak 2,5 ton hanya iseng-iseng main TikTok saja dan tidak ada maksud lain," ujar Kombes Polisi Indra dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com dari Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli, Senin (21/3/2022).

Baca juga: Polisi: Video Viral Minyak Goreng Tumpah di Laut Hoaks

Adapun video berdurasi 28 detik itu memperlihatkan cairan berwarna kuning keemasan yang diduga minyak goreng tumpah.

Dalam video tersebut dinarasikan bahwa sebanyak kurang lebih 2 ton minyak goreng tumpah ke laut. Masih di video yang sama, tertera juga teks yang tumpah yaitu sebanyak 2.500 ton.

Menurut Indra, Polisi langsung melakukan pengecekan dan penelusuran kebenaran video itu usai viral dan menjadi perbincangan publik.

Dari hasil penelusuran, didapatkan bahwa kejadian itu tertanggal 18 Januari 2022 dan bukan minyak goreng.

"Adalah minyak CPKO (Crude Palm Kernel Oil) sebanyak kurang lebih 50 liter dan bukan sebanyak 2,5 ton seperti informasi yang ada dalam video TikTok yang viral tersebut," Papar Indra.

Baca juga: Kala Pedagang Tahu Bulat Curhat soal Kenaikan Harga Minyak Goreng...

Tumpahan itu, ujar dia, terjadi di atas dek Tongkang (TK) Kahuripan 207 di Jetty 2C PT Kutai Refenery Nusantara (KRN) yang saat itu berada di wilayah Kariangau, Kecamatan Balikpapan Barat, Kalimantan Timur.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.