Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Minta Beras dan Minyak Goreng Tak Diekspor Sebelum Kebutuhan Domestik Terpenuhi

Kompas.com - 11/03/2022, 14:51 WIB
Ardito Ramadhan,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan, kebutuhan komoditas pangan di dalam negeri harus menjadi prioritas.

Oleh karena itu, Ma'ruf meminta para pengusaha untuk tidak mengekspor komoditas pangan seperti beras dan minyak goreng jika kebutuhan dalam negeri belum mencukupi.

"Saya mengharapkan pada para pengusaha juga supaya jangan melakukan ekspor sepanjang ada kebutuhan dalam negeri atau kebutuhan dalam negeri belum tercukupi, supaya mementingkan kebutuhan dalam negeri," kata Ma'ruf di Gudang Bulog Kelapa Gading, Jakarta, Jumat (11/3/2022).

Baca juga: Kepala Badan Pangan Imbau Masyarakat Tak Lakukan Panic Buying Minyak Goreng

Selain itu, Ma'ruf berpesan kepada Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi untuk memastikan distribusi komoditas pangan.

Sebab, distribusi yang tersendat akan tetap menimbulkan masalah walaupun pasokannnya berlimpah.

Ia mengingatkan, ketersediaan pasokan maupun distribusi yang lancar harus dipastikan demi menjamin stabilitas harga.

"Soal stabilitas harga jangka pendek, terutama dalam menghadapi sampai Lebaran, ini jangan sampai ada tidak ketidakstabilan harga, karena itu ini perlu dijaga," ujar Ma'ruf.

Baca juga: Wapres Minta Kementan Pastikan Stok Komoditas Pangan Aman Jelang Ramadhan dan Idul Fitri

Di samping itu, Ma'ruf juga meminta ada penegakan hukum yang tegas terhadap spekulan yang menimbun komoditas sehingga mengganggu kebutuhan masyarakat.

"Ini harus diambil tindakan trgas, sebab kalau tidak nanti berpengaruh kemudian menjadi kelangkaan, berpengaruh pada kelangkaan barang dan juga pada harga yang naik," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com