Kompas.com - 10/03/2022, 21:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Vaksinasi Covid-19 umumnya dapat menimbulkan reaksi atau kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) kepada kelompok rentan, termasuk lansia.

Ketua Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) Sri Rezeki Hadinegoro mengatakan, KIPI terbagi dua yaitu bersifat lokal dan sistemik.

"Reaksi di tempat suntikan di lengan atas itu terasa bengkak, merah, itu bersifat lokal. Yang kedua, reaksi sistemik itu umumnya seperti demam, mual, diare dan lainnya," kata Sri dalam diskusi secara virtual, Kamis (10/3/2022).

Baca juga: Rendahnya Animo Warga Jakarta Ikuti Program Vaksinasi Covid-19 Dosis Ketiga

Lantas, bagaimana jika lansia mengalami KIPI berat?

Sri mengatakan, anggota keluarga harus memantau kondisi lansia minimal tiga hari pasca vaksinasi Covid-19.

Ia mengatakan, jika selama tiga hari, lansia mengeluhkan pusing, mual dan nyeri di area suntikan, dapat diberikan obat yang bersifat ringan.

Baca juga: UPDATE 10 Maret: Capaian Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua 71,92 Persen

Namun, Sri mengatakan, apabila KIPI yang dialami lansia lebih dari tiga hari, maka segera hubungi dokter yang melakukan vaksinasi kepada lansia untuk mendapatkan saran pengobatan lebih lanjut.

"Di kartu vaksin ada nomor yang bisa dihubungi jika terjadi sesuatu. Jadi kalau lansia (mengalami) sakit kepala yang makin berat, itu hubungi ada nomornya itu dokter yang bertanggung jawab sehingga dia bisa menyarankan berobat atau beristirahat dulu," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.