Kompas.com - 10/02/2022, 21:38 WIB
Penulis Mutia Fauzia
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi baru saja bertemu Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (10/2/2022).

Menteri Parly berada di Indonesia dalam rangka melakukan pertemuan bilateral dengan Menhan RI Prabowo Subianto.

Pertemuan Parly dengan Menhan Prabowo dan Menlu Retno dilakukan untuk mengawali Pertemuan 2+2 (Menlu-Menhan) di masa mendatang.

Dalam pertemuan tersebut, Parly dan Retno bertukar pandangan mengenai kerja sama di kawasan Indo-Pasifik.

Baca juga: Jokowi Terima Kunjungan Menteri Angkatan Bersenjata Perancis, Bahas Kerja Sama Pertahanan

Retno pun menyampaikan prinsip-prinsip ASEAN Outlook on the Indo-Pasifik, termasuk masalah inklusifitas serta pentingnya kerja sama di 4 bidang prioritas, yaitu kerja sama maritim, konektivitas, pencapaian SDGs dan perdagangan investasi.

Prinsip-prinsip ini akan dikemukakan kembali oleh Retno pada saat menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri mengenai Indo-Pasifik yang akan diadakan di Paris pada minggu ke-3 Februari 2022.

“Kerja sama konkret inilah yang penting untuk terus dikedepankan", ujar Retno seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis (10/2/2022).

Retno juga menyampaikan harapan Indonesia terkait percepatan perkembangan perundingan Indonesia-EU Comprehensive Economic Partnership Agreement (I-EU CEPA). Pasalnya, saat ini Perancis memegang presidensi Uni Eropa.

Retno kembali menyampaikan perhatiannya terkait diskriminasi yang diberlakukan terhadap kelapa sawit Indonesia. Ia pun mengharapkan adanya keadilan dalam menjalankan perdagangan, termasuk di dalamnya terkait dengan sawit.

Adapun dalam kesempatan tersebut, Menhan Parly menekankan pentingnya peran Indonesia di kawasan. Dia juga menyampaikan komitmen untuk terus memperkuat hubungan bilateral dengan Indonesia.

Baca juga: Sejumlah Media Asing Turut Beritakan Indonesia Borong Jet Tempur Rafale dari Perancis

Mengenai kerja sama pertahanan, Retno menyampaikan pentingnya mengembangkan kerja sama jangka panjang yang memiliki nilai strategis.

Seperti pengembangan, produksi alat-alat pertahanan, latihan bersama, alih teknologi, dan investasi di bidang industri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.