Pemerintah Terima 651.130 Dosis Vaksin AstraZeneca dari Jepang

Kompas.com - 20/01/2022, 10:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia kembali menerima 651.130 dosis vaksin AstraZeneca dari Pemerintah Jepang pada Rabu (19/1/2022) malam.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong mengatakan, Pemerintah Jepang pada Selasa kemarin juga telah mengirimkan 1.175.800 dosis vaksin AstraZeneca untuk Indonesia.

Pada 2021, Pemerintah Jepang total memberikan sekitar 4,15 juta dosis vaksin kepada Indonesia.

Baca juga: Kemenkes Izinkan Penerima Vaksin AstraZeneca Diberi Booster Pfizer Setengah Dosis

"Pemerintah Indonesia sangat berterima kasih kepada Pemerintah Jepang atas hibah ini, yang merupakan bagian dari komitmen Jepang untuk memberikan 2,72 juta dosis vaksin tambahan bagi Indonesia," kata Usman dalam keterangan tertulis, Kamis (20/1/2022).

Usman mengatakan, donasi ini membuktikan eratnya hubungan kedua negara, serta besarnya komitmen bersama untuk menangani pandemi Covid-19 khususnya di kawasan Asia.

Ia mengatakan, sejak awal pandemi, Jepang juga telah memberikan dukungan lainnya bagi Indonesia guna mengatasi pandemi dan meningkatkan ketahanan kesehatan.

"Dukungan tersebut antara lain dalam bentuk bantuan obat-obatan seperti Avigan dan mobile x-ray, serta berbagai dukungan lainnya melalui organisasi internasional," ujarnya.

Baca juga: Indonesia Terima 10 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca pada Minggu Ke-2 Januari 2022

Lebih lanjut, Usman mengatakan, pemerintah saat ini terus melakukan percepatan dan perluasan vaksinasi Covid-19.

Oleh karenanya, ia mengatakan, dibutuhkan kerja sama dan partisipasi masyarakat agar program vaksinasi nasional dapat mencapai target sasaran.

"Indonesia sebagai tuan rumah G20 pada tahun 2022 ini, menyatakan akan mengejar target setidaknya 70 persen penduduknya telah divaksinasi pada tahun ini. Untuk itu, ketersediaan vaksin sangatlah penting," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.