Lima Mobil Anggota DPR Pakai Pelat Polisi, Bolehkah Sipil Gunakan Pelat Nomor "Dewa"?

Kompas.com - 19/01/2022, 20:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak lima mobil mewah dengan pelat nomor mirip nopol dinas Kepolisian berjejer di parkiran Gedung DPR. Hingga saat ini, pemilik mobil-mobil yang tidak biasa digunakan sebagai dinas itu masih menjadi misteri.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Rabu (19/1/2022), lima mobil itu berada di parkiran Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Kelima mobil itu datang dari merek dan jenis yang berbeda.

Mobil-mobil tersebut bermerek Mitsubishi Grandis warna hitam, Toyota Fortuner warna putih, Toyota Vellfire warna hitam, Nissan X-Trail warna putih, dan Mitsubishi Pajero warna hitam.

Hanya saja, pelat nomor yang digunakan lima mobil itu sama persis yakni 4196-07 dengan plat warna hitam dan kuning, ciri khas polisi.

Baca juga: Diminta Ridwan Kamil Minta Maaf ke Warga Sunda, Arteria Dahlan Persilakan Lapor ke MKD

Di samping angka, terdapat logo Polri. Di atas logo Polri, ada pula logo berwarna emas lambang DPR. Diduga, mobil-mobil ini adalah milik anggota dewan.

Sebab menurut petugas keamanan di lingkungan DPR, hanya anggota DPR yang diperbolehkan parkir di area tersebut. Namun petugas belum bisa memastikan siapa pemilik kelima mobil itu.

Selain plat yang mirip nopol kedinasan Polri, ada hal menarik lain di antara jejeran mobil ini. Pada salah satu mobil yaitu mobil Toyota Vellfire, terlihat stiker bertuliskan www.arteriadahlancenter.com.

Kompas.com sudah berupaya mengontak Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan untuk memastikan apakah mobil-mobil tersebut miliknya. Namun politikus PDI-P itu belum memberikan respons.

Baca juga: Ketika Arteria Disemprot Ridwan Kamil hingga Rekan Satu Partai gara-gara Minta Kajati Berbahasa Sunda Dicopot...

Setjen DPR cek pemilik

Dikutip dari Tribunnews.com, Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengatakan belum mengetahui siapa pemilik lima mobil dengan plat mirip polisi yang berada di parkiran Gedung Nusantara II DPR.

Iskandar mengatakan masih akan melakukan pengecekan terhadap kepemilikan lima mobil mewah itu.

"Saya cek," kata Indra.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.