Senin Ini, Ferdinand Hutahaean Dipanggil Polisi Terkait Twit Diduga Bermuatan SARA

Kompas.com - 10/01/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean dijadwalkan menjalani pemeriksaan Bareskrim Polri terkait twit yang diduga bernada SARA, Senin (10/1/2022) hari ini.

Ferdinand diperiksa sebagai saksi terlapor.

“10 Januari dipanggil untuk memberikan keterangan,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dihubungi Kompas.com, Jumat (7/1/2022).

Pemanggilan ini dilakukan setelah polisi memeriksa sejumlah saksi dan saksi ahli terkait kasus Ferdinand.

Baca juga: Polisi Periksa 5 Saksi Ahli Agama dalam Kasus Cuitan SARA Ferdinand Hutahaean

Adapun sebelumnya Ferdinand dilaporkan terkait sebuah twit yang diduga bermuatan SARA yang ditulisnya beberapa waktu lalu.

Laporan ini dibuat oleh Ketua DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pertama dan terdaftar dengan nomor LP/B/007/I/2022/SPKT/BARESKRIM POLRI tertanggal 5 Januari 2022.

Terkait kasus ini, Ferdinand dipersangkakan Pasal 45 (a) ayat 2 jo Pasal 28 ayat 2 tentang Undang-Undang 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Subsider Pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 KUHP.

Terpisah, Ferdinand sendiri mengaku siap untuk memenuhi panggilan polisi.

“Saya akan hadir di Bareskrim jam 10 hari Senin, tiba di sana untuk memenuhi panggilan kepolisian,” kata Ferdinand kepada Kompas.com, Jumat (7/1/2022).

Ia menyampaikan akan menjelaskan ke penyidik bahwa dirinya bukan penyebab dari kegaduhan yang muncul terkait twit yang diunggahnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.