Kompas.com - 03/01/2022, 13:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, kasus positif Covid-19 akibat varian Omicron mencapai 152 kasus.

Namun, sekitar 23 persennya dipastikan sudah sembuh.

"Jadi jumlah kasus Omicron Indonesia sekarang 152, lalu yang sudah sembuh 23 persen dari situ," ujar Luhut dalam konferensi pers secara daring pada Senin (3/1/2022).

Baca juga: Kemenkes: Satu Kasus Covid-19 Varian Omicron di Surabaya adalah Transmisi Lokal

Dia mengungkapkan, saat ini penularan varian Omicro sudah meluas ke 132 negara. Sedangkan Indonesia sendiri menduduki peringkat 40 dari 132 negara itu.

"Jadi angka ini memang masih kita lihat cukup baik dibanding lainnya," lanjut Luhut.

Dia pun menegaskan, kesiapan Indonesia dalam menghadapi penularan varian Omicron sudah lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Baca juga: Omicron Merebak, Epidemiolog Sarankan Pemprov DKI Tunda Sekolah Tatap Muka 100 Persen

Begitu juga dengan pemerintah yang terus mempercepat vaksinasi Covid-19, menyiapkan RS, obat-obatan, tenaga medis hingga lokasi karantina.

Luhut menilai, kesiapan pemerintah saat ini jauh lebih baik jika dibandingkan kondisi pada Juni 2021 sebelum lonjakan kasus akibat varian Delta.

"Semua yang diperlukan untuk itu kita sudah siapkan. Sehingga kita jauh lebih siap dari kejadian Juni tahun lalu. Dokter lebih siap dan penerimaan karantina, kita jauh lebih siap," tambah Luhut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.