Kompas.com - 30/12/2021, 10:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat di sekitar Maluku untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap kemungkinan gempa susulan dan tsunami, pascagempa berkekuatan 7,4 magnitudo mengguncang wilayah Maluku Barat Daya, Kamis, (30/12/2021) dini hari.

"Hingga kini Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB masih memantau dan melakukan koordinasi dengan BPBD setempat. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya gempa maupun tsunami," kata Pelaksanaan Tugas (PLT) Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulis, Kamis.

Baca juga: Dalam 2 Jam, Maluku Diguncang 4 Kali Gempa Susulan

Abdul mengatakan, masyarakat tetap harus mewaspadai gempa susulan meski Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa tidak memicu terjadinya tsunami.

Ia mengatakan, saat ini, pihaknya berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Barat Daya untuk memantau dampak dari gempa tersebut.

"BPBD sebelumnya melaporkan warganya merasakan guncangan kuat sekitar 3 detik. Guncangan mengakibatkan warga panik hingga keluar rumah," ujar dia.

Lebih lanjut, Abdul mengatakan, analisis inaRISK menunjukkan bahwa Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) merupakan wilayah yang berada pada potensi bahaya gempa bumi dengan kategori sedang hingga tinggi.

Baca juga: 4 Gempa Hari Ini: Guncang Tarakan, Sukabumi, Sulawesi, dan Laut Banda

Ia mengatakan, ada 17 kecamatan yang berada di kawasan kepulauan tersebut teridentifikasi pada potensi bahaya.

"Kabupaten tersebut juga memiliki potensi bahaya tsunami kategori sedang hingga tinggi di sejumlah wilayah kecamatan yang sama," ucap dia.

Sebelumnya diberitakan, Gempa tektonik berkekuatan 7,4 magnitudo mengguncang Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku, Kamis (30/12/2021) dini hari.

Kuatnya getaran gempa tersebut membuat warga di Maluku Barat Daya panik hingga keluar dari rumah-rumah mereka menuju jalan dan tempat terbuka.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.