Kompas.com - 03/09/2021, 12:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo berharap Uni Emirat Arab (UEA) menjadi mitra utama investasi bagi Indonesia.

Hal ini Jokowi sampaikan saat bertemu dengan Menteri Perdagangan Luar Negeri UEA Thani bin Ahmed Al Zeyoudi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (3/9/2021).

Dalam pertemuan itu Jokowi mengapresiasi diluncurkannya Comprehensif Economic Partnership Agreement (CEPA) atau kerja sama di bidang ekonomi antara Indonesia dan UEA.

Baca juga: Pastikan Vaksin Sinopharm Hibah UEA Tak Dijual, Menkes: Digunakan untuk Kelompok Difabel

"CEPA ini akan juga memberikan fasilitasi untuk peningkatan kerja sama investasi. Sekali lagi kita mengharapkan agar UEA akan menjadi mitra utama bagi investasi di Indonesia," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi usai pertemuan tersebut, Jumat.

Jokowi berharap investasi UEA di Indonesia dapat meliputi berbagai bidang. Mulai dari infrastruktur, ketahanan kesehatan, serta ekonomi hijau dan berkelanjutan atau green recovery and growth.

Melalui kerja sama yang dibentuk lewat CEPA presiden ingin nilai perdagangan RI dan UEA ditingkatkan. Jokowi mengatakan, perdagangan antarkedua negara masih dapat ditingkatkan.

Sebab, sejauh ini angka perdagangan Indonesia-UEA baru mencapai 2,9 milliar Dollar Amerika Serikat.

"Dengan CEPA nantinya presiden mengharapkan paling tidak dapat dilakukan kenaikan perdagangan 2-3 kali lipatnya," ujar Retno.

Baca juga: Menag Targetkan Kirim 100 Imam Masjid ke UEA Sebelum Lawatan Jokowi

Tak hanya itu, melalui kerja sama ini Jokowi juga berharap terjadi kemajuan yang signifikan pada sovereign wealth fund atau Lembaga Pengelola Investasi Indonesia.

Ke depan, lanjut Retno, kedua negara akan terus meningkatkan kerja sama, salah satu yang diprioritaskan yakni dalam bidang kesehatan.

"Dan presiden juga menyampaikan penghargaan atas dukungan UEA terhadap Indonesia selama pandemi di antaranya berupa sumbangan 750.000 dosis vaksin Sinopharm," kata Retno.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.