Kompas.com - 31/08/2021, 17:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menghadiri acara Pacific Air Chief Symposium 2021 yang berlangsung di Joint Base Hickam Airforce Base, Pearl Harbour, Hawaii, Amerika Serikat, Senin (30/8/2021) waktu setempat.

Sebelum mengikuti rangkaian kegiatan Pacific Air Chiefs Symposium 2021, Fadjar berkesempatan melakukan pertemuan bilateral dengan Komandan Angkatan Udara Pasific, Jenderal Kenneth S Wilbach.

Dalam kesempatan tersebut, Fadjar dan Kenneth membahas penanganan pandemi Covid-19 serta latihan bersama Cope West 2021 yang telah dilaksanakan di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, beberapa waktu lalu.

"Latihan bersama Cope West sangat penting, mengingat latihan tersebut merupakan kesempatan pertama bagi TNI AU untuk melatih kemampuan kemampuan beyond visual range," ujar Fadjar, dalam keterangan tertulis Dinas Penerangan Angkatan Udara (Dispenau), Selasa (31/8/2021).

Baca juga: KSAU: Prajurit Wanita AU Kini Dilibatkan di Operasi Militer hingga Misi Perdamaian Dunia

Selain itu, keduanya juga membicarakan mengenai kemungkinan kerja sama lain antar kedua negara.

Sementara itu, saat di sela-sela kegiatan Pacific Air Chief Symposium 2021, Fadjar juga berkesempatan melakukan pertemuan bilateral dengan Chief of Staff of The Republic of Korea, Jenderal Park In-Ho.

Dalam kegiatan yang berlangsung dalam suasana akrab tersebut, keduanya membicarakan kerja sama aktif antar kedua angkatan udara.

Mulai dari latihan hingga pertukaran taruna dan perwira, serta berharap dapat terus mengembangkan kerja sama tersebut.

Baca juga: Ini Harta Kekayaan Panglima TNI, KSAL, KSAU, dan KSAD, Siapa yang Rajin Lapor LHKPN?

Menurut Fadjar, Republik Korea merupakan rekan penting bagi Indonesia. Terlebih, kedua angkatan udara memiliki banyak kerja sama.

"Saya mengapresiasi dukungan negara Korea untuk pesawat T-50 dan KT-1B, serta berharap dapat melaksanakan latihan bersama negara Korea secara reguler, " ungkap Fadjar.

Selain itu, Fadjar juga dijadwalkan akan mengadakan pertemuan bilateral dengan para pemimpin angkatan udara negara sahabat lainnya, meliputi Thailand, Singapura, Perancis, Australia, dan Kepala Staf Angkatan Udara AS, Jenderal Charles Brown pada 1 September 2021.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asintel KSAU Marsda TNI M Fadjar Sumarijadji dan Athan RI untuk Washington DC Marsda TNI T B H Age Wiraksono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.