Kompas.com - 30/07/2021, 11:19 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat menghadiri  milad Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke-46 yang digelar secara daring, Senin (26/7/2021). Dok. KIP/SetwapresWakil Presiden Ma'ruf Amin saat menghadiri milad Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke-46 yang digelar secara daring, Senin (26/7/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta pelaksanaan isolasi terpusat yang dicanangkan Pemprov Bali lebih diefektifkan.

Hal tersebut disampaikan Ma'ruf saat Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi, Kabupaten, dan Kota di wilayah Bali melalui konferensi video, Kamis (29/7/2021).

Bali saat ini memiliki kebijakan pelaksanaan karantina atau isolasi terpusat untuk menekan angka penularan Covid-19 di wilayah tersebut.

Baca juga: Studi Global: 1 Juta Anak Kehilangan Orangtua karena Covid-19

"Tentang isolasi terpadu supaya lebih diefektifkan ini suatu langkah baik tapi memang perlu lebih diefektifkan,” ujar Ma'ruf.

Menurut Ma'ruf, kebijakan tersebut bisa berjalan optimal asalkan segala sesuatunya dapat lebih efektif pelaksanaannya.

Ma'ruf mendapat laporan bahwa mayoritas penularan Covid-19 di Bali berasal dari klaster rumah tangga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan demikian, kebijakan isolasi terpusat tersebut dimaksudkan agar para pasien Covid-19 tidak melakukan karantina secara mandiri di rumah yang berpotensi menularkan ke anggota keluarga yang sehat.

Sementara itu, Gubernu Bali Wayan Koster mengatakan, kebijakan karantina terpusat tersebut sudah berlangsung dalam beberapa minggu.

Baca juga: Jokowi: Dulu Kasus Covid-19 Mulai Turun dan Ekonomi Naik, Kemudian Muncul Varian Delta...

"Namun belum optimal bisa menggiring warga yang ada di rumah untuk dikarantina di satu tempat yang kami siapkan," kata dia.

Oleh karena itu pihaknya pun akan menggencarkan pelaksanaan karantina terpusat tersebut lebih optimal lagi.

Tujuannya agar warga lebih patuh mengikuti karantina terpusat dan bersedia pindah dari karantina yang dijalani di rumahnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.