Kompas.com - 30/07/2021, 10:34 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo berbincang dengan pedagang bumbu masak saat meninjau Pasar Modern BSD Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (29/7/2021). Dalam kunjungan kerja tersebut Kapolri mengecek dan memastikan protokol kesehatan dan ketersedian kebutuhan pangan yang dijual di pasar tersebut selama pemberlakuan  pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww. ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBALKapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo berbincang dengan pedagang bumbu masak saat meninjau Pasar Modern BSD Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (29/7/2021). Dalam kunjungan kerja tersebut Kapolri mengecek dan memastikan protokol kesehatan dan ketersedian kebutuhan pangan yang dijual di pasar tersebut selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengingatkan para pedagang pasar untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan selama pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), Kamis (29/7/2021).

Ia mengatakan, penerapan protokol kesehatan merupakan salah satu kunci pencegahan penularan Covid-19.

Jika kasus Covid-19 terus menurun, perekonomian masyarakat dapat segera pulih.

Baca juga: 5 Kriteria Pasien Covid-19 yang Dilarang Isolasi Mandiri

"Pemerintah telah memutuskan memperpanjang PPKM level 4 dengan penyesuaian terhadap pusat perekonomian masyarakat seperti pasar agar tetap beroperasi dengan protokol kesehatan yang ketat," ujar Sigit saat meninjau aktivitas di Pasar Modern BSD, Tangerang Selatan, dikutip dari Antara, Jumat (30/7/2021).

Dalam kesempatan itu, Sigit menjelaskan Instruksi Mendagri Nomor 24 Tahun 2021 tentang tingkatan atau level penerapan PPKM. Tiap level memiliki aturan yang berbeda.

Dia mengatakan, status level di tiap daerah merupakan tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat. Masyarakat dapat berperan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jokowi: Covid-19 Melandai di Pulau Jawa, tetapi Naik di Luar Jawa

"Ini adalah kesempatan untuk semua bergerak di seluruh wilayah bisa menurunkan level PPKM ini. Dengan menurunkan level, otomatis akan ada peningkatan pelonggaran sehingga aktivitas ekonomi bisa lebih baik di level yang diturunkan," ucapnya.

Selain itu, Sigit sekaligus menyalurkan bantuan sosial PPKM kepada pengelola pasar dan masyarakat lain. Harapannya, bansos tersebut dapat mengurangi beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.