Kompas.com - 13/04/2021, 16:37 WIB
Vaksinasi Covid-19 bagi kelompok lanjut usia (lansia) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mulai dilaksanakan di BBPK Jakarta Kampus Hang Jebat, Jakarta, Senin (22/3/2021). Vaksinasi Covid-19 ini bisa dilakukan bagi lansia yang memiliki kartu tanda penduduk (KTP) DKI Jakarta dan non-DKI Jakarta. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOVaksinasi Covid-19 bagi kelompok lanjut usia (lansia) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mulai dilaksanakan di BBPK Jakarta Kampus Hang Jebat, Jakarta, Senin (22/3/2021). Vaksinasi Covid-19 ini bisa dilakukan bagi lansia yang memiliki kartu tanda penduduk (KTP) DKI Jakarta dan non-DKI Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Reisa Brotoasmoro menyebut, kelompok lanjut usia (lansia) yang memiliki penyakit bawaan atau komorbid tetap boleh melakukan vaksinasi Covid-19 meskipun sedang berpuasa.

Namun, harus dipastikan bahwa penyakit bawaan yang diderita tidak sedang kambuh.

"Selama penyakit yang diderita dalam kondisi yang terkontrol atau tidak sedang kambuh dan dalam kondisi sehat, maka diperbolehkan dilakukan vaksinasi meskipun sedang berpuasa," kata Reisa kepada Kompas.com, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Satgas Sarankan Vaksinasi Covid-19 di Bulan Ramadhan Dilakukan Pagi Hari

Reisa mengatakan, hanya lansia dalam kondisi sehat yang diperbolehkan berpuasa. Oleh karenanya, vaksinasi bagi kelompok tersebut tak jadi masalah.

"Jadi tidak masalah untuk vaksin juga," ujarnya.

Kendati demikian, Reisa menyarankan kelompok lansia lebih dulu berkonsultasi dengan dokter sebelum vaksinasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini untuk memastikan bahwa lansia dalam kondisi yang siap untuk disuntik vaksin.

"Apabila ragu atau diperlukan terutama yang memiliki penyakit komorbid sebaiknya konsultasi dan periksa langsung dulu dengan dokternya untuk mendapatkan surat rekomendasi vaksin," katanya.

Baca juga: Satgas Minta Lansia dengan Komorbid Konsultasi ke Dokter Sebelum Vaksinasi

Sebelumnya, Reisa telah menyampaikan sejumlah tips bagi masyarakat yang hendak menjalani vaksinasi Covid-19 selama bulan Ramadhan.

Ia menyarankan agar masyarakat melakukan vaksinasi di pagi hari. Sebab, kata dia, waktu terbaik untuk menerima vaksin adalah saat kondisi badan masih segar.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.