Imigrasi Pastikan WNI di Luar Negeri Tetap Bisa Perpanjang Paspor

Kompas.com - 27/04/2020, 16:38 WIB
Ilustrasi paspor Indonesia. SHUTTERSTOCK/TEMITIMANIlustrasi paspor Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM meminta warga negara Indonesia di luar negeri tidak perlu khawatir bila masa berlaku paspornya sudah atau akan habis.

Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Ditjen Imigrasi Kemenkumham Cucu Koswala mengatakan, WNI di luar negeri tetap dapat memperpanjang paspor mereka walau negara tempat tinggal mereka memberlakukan lockdown.

"Bagi WNI yang paspornya habis atau akan habis di luar negeri sementara ada kebijakan lockdown mereka tidak bisa hadir di perwakilan, ini bisa kita berikan perpanjangan pasport secara manual," kata Cucu dalam sebuah diskusi online, Senin (27/4/2020).

Baca juga: Imigrasi Tetap Layani Pengurusan Paspor untuk Keperluan Beasiswa dan Pekerjaan

Cucu menuturkan, WNI di luar negeri dapat menyampaikan permohonan pengurusan paspor tersebut ke perwakilan Ditjen Imigrasi di luar negeri.

"Nanti perwakilan kita di luar negeri akan memberikan perpanjangan secara manual di paspornya," kata Cucu.

Cucu mengatakan, mekanisme tersebut sudah dijalankan di beberapa kantor perwakilan di luar negeri antara lain di Singapura, Roma, Panama, dan Jeddah.

Para WNI di luar negeri yang masa berlaku paspornya sudah habis atau akan habis pun diimbau untuk segera memperpanjang paspor mereka.

"Karena pasport ini kalau tidak perpanjang atau tidak diganti dengan yang baru nanti akan menjadi suatu masalah oleh pemerintah kepada WNI yang tinggal di luar negeri," kata Cucu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X