Draf RUU Ibu Kota Negara Ditargetkan Rampung Juni 2020

Kompas.com - 26/02/2020, 15:14 WIB
Pemenang pertama sayembara gagasan desain kawasan ibu kota negara berjudul Nagara Rimba Nusa. Dokumentasi Kementerian PUPRPemenang pertama sayembara gagasan desain kawasan ibu kota negara berjudul Nagara Rimba Nusa.

JAKARTA, KOMPAS.com - Draf Rancangan Undang-Undang (RUU) Ibu Kota Negara yang sudah mulai disusun pemerintah sejak tahun 2019, ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2020.

Sekretaris Tim Kajian Ibu Kota Negara (IKN) Kementerian PPN/Bappenas Hayu Parasati mengatakan, penyusunan RUU ini dilakukan bersamaan dengan penyusunan masterplan IKN.

"Perkiraannya bulan Juni nanti semua RUU dan masterplannya sendiri sudah siap," kata Hayu dalam dialog bertajuk Merajut Konektivitas Ibu Kota Negara di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Baca juga: Transportasi di Ibu Kota Negara Akan Berbasis Listrik

"Sehingga Juli ke depan akan dimulai dengan soft groundbreaking akan dimulai seterusnya untuk penyiapan pembangunan," lanjut dia.

Dalam soft groundbreaking tersebut, rencananya pemerintah akan membangun jalan akses dari Samarinda ke lokasi IKN guna memudahkan transportasi kendaraan proyek IKN.

Selain menyusun RUU dan masterplan, ia menambahkan, pemerintah juga tengah menyiapkan peraturan presiden tentang badan otorita.

Baca juga: Luhut Sebut Ada 30 Investor Tertarik pada Proyek Ibu Kota Baru

Selain itu, ada pula sejumlah kajian tentang kajian lingkungan hidup strategis (KLHS), kajian sosial ekonomi dan kajian sosial budaya.

"Selain itu ada beberapa hal lain yang juga sedang dalam proses penyiapan adalah kita sudah selesaikan FS tapi harus diikuti dengan masterplan. Masterplan ini yang sedang dalam proses," ujar dia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X