Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolri Bentuk Unit Khusus Tindak Pidana Ketenagakerjaan, Tangani Masalah Sengketa Buruh

Kompas.com - 01/05/2024, 16:32 WIB
Rahel Narda Chaterine,
Icha Rastika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Kepolisian Jenderal Listyo Sigit Prabowo membentuk Unit Khusus Tindak Pidana Ketenagakerjaan untuk menangani masalah terkait sengketa buruh dan ketenagakerjaan.

Melalui tim khusus itu, Kapolri juga berharap semua masalah ketenagakerjaan serta hak para buruh bisa diperjuangkan.

“Kami saat ini telah membentuk tim atau unit khusus yang khusus dan saat ini telah berjalan dan akan terus kita kembangkan untuk mengawal masalah-masalah yang terjadi di keluarga besar atau terkait dengan perburuhan, terkait dengan ketenagakerjaan, sengketa-sengkketa,” ucap Kapolri ketika meninjau aksi May Day di GBK, Jakarta, Rabu (1/5/2024).

Baca juga: Kapolri Buka Peluang Kasus Tewasnya Brigadir RAT Dibuka Kembali

Kapolri juga memastikan pihaknya akan memberikan perlindungan yang sama untuk para buruh di luar negeri.

Khususnya untuk para buruh atau pekerja migran yang terdampak masalah hukum atau tertipu hingga mengalami penganiaayaan.

“Kita terus mengembangkan atase-atase kepolisian untuk bekerja sama dengan teman-teman di luar negeri untuk bisa memberikan perlindungan terhadap buruh-buruh migran kita yang ada di sana,” ungkap dia.

Selain itu, ia menunjuk Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea menjadi Staf Khusus Kapolri di Bidang Ketenagakerjaan.

Menurut dia, ini ditentukan atas kesepakatan rekan-rekan konfederasi serikat buruh dan Polri.

“Tadi di dalam sepakat bahwa teman-teman pimpinan konfederasi dan serikat menunjuk Bung Andi Gani untuk menjadi Staf Ahli Kapolri di bidang ketenagakerjaan,” ujar Kapolri.

Baca juga: May Day 2024, Kapolri Tunjuk Andi Gani Jadi Staf Khusus Ketenagakerjaan

Kapolri berharap hal ini bisa menjadi hadiah bagi para buruh di seluruh Indonesia. Dia juga turut mengucapkan selamat hari buruh internasional.

Ke depannya, Kapolri berharap kesejahteraan, keselamatan, hingga hal yang diperjuangkan buruh bisa dikomunikasikan dengan baik.

“Ini saya ucapkan selamat dan ini kita harapakn tentunya menjadi hadiah spesial untuk teman-teman buruh,” kata Kapolri.


Terpisah, Andi Gani berterima kasih karena Kapolri telah membetuk Unit Khusus Pidana Ketenagakerjaan dan menunjuk dirinya sebagai Staf Khusus Kapolri Bidang Ketenagakerjaan.

Menurut dia, hal ini adalah hadiah yang luar biasa di May Day tahun ini.

“Terima kasih Pak Kapolri telah membentuk unit khusus pidana ketenagakerjaan hal ini yang ditunggu-tunggu dan applause untuk Pak Kapolri, luar biasa,” ujar Andi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com