Kamis Besok, Dukcapil Serahkan DP4 ke KPU untuk Pilkada 2020

Kompas.com - 22/01/2020, 21:12 WIB
Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh di Sekretariat Nasional (Seknas) Prabowo-Sandi di Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2019). CHRISTOFORUS RISTIANTO/KOMPAS.comDirektur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh di Sekretariat Nasional (Seknas) Prabowo-Sandi di Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berencana menyerahkan data penduduk pemilih potensial pemilu (DP4) ke Komisi Pemilihan Umum ( KPU), Kamis (23/1/2020).

Penyerahan DP4 ini dilakukan jelang penyusunan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada 2020).

"Dijadwalkan (penyerahan DP4 ke KPU) tanggal 23 Januari," kata Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh kepada Kompas.com, Rabu (22/1/2020).

Baca juga: Kemendagri Dorong Pengembangan Perpustakaan Daerah Sesuai Visi Jokowi

Zudan menjelaskan, DP4 yang akan diserahkan pihaknya ini berdasar pada pemutakhiran per 31 Desember 2019.

Nantinya, DP4 akan diserahkan ke KPU sebagai salah satu acuan menyusun DPT Pilkada 2020.

Ditemui secara terpisah, Pelaksana Tugas Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar menjelaskan, dalam menyusun DPT, KPU bersumber pada dua data.

Data pertama adalah DP4. Data ini bersumber dari Dirjen Dukcapil Kemendagri berupa daftar penduduk yang memenuhi syarat untuk menjadi pemilih di Pemilu.

Sumber kedua ialah DPT Pemilu terakhir yang dimiliki oleh KPU. Untuk Pilkada 2020, seharusnya KPU bertumpu pada DPT Pemilu 2019.

Sesuai mekanisme, kedua sumber data tersebut lalu akan disinkronisasi melalui proses pencocokan dan penelitian (coklit).

Baca juga: Kemendagri Serahkan DP4 untuk Pemilu 2019 ke KPU

"Harapan kita (KPU) itu sungguh-sungguh memperhatikan data kependudukan, dan kependudukan relatif semakin hari semakin clear," kata Bahtiar di Gedung Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (22/1/2020).

Untuk diketahui, pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 akan digelar di 270 wilayah di Indonesia. Jumlah itu meliputi sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Adapun hari pemungutan suara Pilkada jatuh pada 23 September.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X