Kemendagri Dorong Pengembangan Perpustakaan Daerah Sesuai Visi Jokowi

Kompas.com - 22/01/2020, 20:48 WIB
Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo (tengah) saat usai memimpin rapat koordinasi dengan pejabat tiga provinsi di Kantor Kemendagri, Medan Merdeka Utara, Selasa (7/1/2020). KOMPAS.com/Deti Mega PurnamasariSekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo (tengah) saat usai memimpin rapat koordinasi dengan pejabat tiga provinsi di Kantor Kemendagri, Medan Merdeka Utara, Selasa (7/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri) mendorong adanya inovasi dan fasilitasi pengembangan perpustakaan di daerah.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Hadi Prabowo usai menerima audiensi Kepala Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) Syarif Bando.

“Tentunya Kemendagri sangat mendorong inovasi dan fasilitasi di dalam pengembangan perpustakaan di daerah, baik dari aspek kelembagaan organisasi pemerintah daerah maupun kaitannya penyiapan sarana prasarana perpustakaan," kata Hadi di Gedung Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (22/1/2020).

Baca juga: Pustakawan Ahli Utama Jelaskan Pentingnya Data untuk Perpustakaan

Selain aspek kelembagaan dan sarana prasarana, kata Hadi, inovasi perpustakaan juga didorong melalui pengembangan teknologi dan informasi.

Hal ini tidak hanya dilakukan di daerah sentral, tetapi daerah lain yang menjadi lokasi prioritas.

Ia menyebut, Kemendagri telah bekerja sama dengan Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) untuk memetakan lokasi-lokasi prioritas pengembangan perpusatakaan.

Hadi mengatakan, upaya ini telah sejalan dengan Visi Pembangunan Nasional yang diamanatkan Presiden Joko Widodo, yakni dalam hal pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

"Ini adalah komunikasi yang efektif dan sinergitas, termasuk bagi setiap perencanaan-perencanaan pembangunan daerah. Apa itu di dalam RKA (rencana kerja dan anggaran) atau RKPD (rencana kerja pembangunan daerah) maupun RPJMD (rencana pembangunan jangka menengah nasional) kita dorong dan menjadi prioritas perpustakaan di daerah," ujarnya.

Baca juga: Mengenal Jurusan Ilmu Perpustakaan, Penjelasan hingga Prospek Kerjanya

Sementara itun Kepala Perpusnas Syarif Bando mengatakan, selain sejalan dengan visi pembangunan nasional, pengembangan perpustakaan merupakan impelementasi dari UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Sebab, hal ini berkaitan dengan upaya untuk mendorong kemajuan masyarakat.

“Saya kira kita start dari regulasinya bahwa UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, juga UU tentang Kemendes itu mengamanatkan untuk bagaimana mengembangkan fasilitas untuk kemajuan masyarakat,” kata Syarif.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X