Kompas.com - 02/01/2020, 20:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid meminta personel TNI ikut aktif membantu korban banjir di wilayah Jabodetabek agar korban tidak bertambah.

"Titik banjir yang cukup luas dan banyaknya laporan dari masyarakat yang belum dapat dievakuasi sementara stok makanan terbatas. Saya khawatir jika tidak ditangani cepat, korban terus bertambah," kata Meutya kepada wartawan, Kamis (2/1/2020).

Meutya mengatakan, TNI perlu dilibatkan dalam penanganan banjir sebagai bagian dari fungsi operasi selain perang.

Baca juga: Banjir di Bandung Barat, Bupati: PT KCIC Siap Bertanggung Jawab

Selain itu, medan yang cukup sulit akibat banjir memerlukan peran TNI untuk menembusnya.

"Yang utama adalah meminimalkam korban jiwa, evakuasi perlu dilakukan secara cepat," ujar dia. 

Meutya juga mengatakan, jika diperlukan, kantor-kantor kodim di dekat daerah terdampak banjir dibuka untuk korban mengungsi. 

Hujan yang mengguyur sejak Selasa (31/12/2019) hingga Rabu (1/1/2020) mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah Jabodetabek.

Baca juga: Warga Kembangan Utara Korban Banjir Butuh Bantuan Air Bersih dan Pampers

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, 16 orang meninggal dunia akibat banjir.

“Saat ini BNPB masih terus melakukan pendataan dari berbagai sumber dan kemungkinan jumlah korban bisa bertambah,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi (Kapusdatinkom) BNPB Agus Wibowo dalam keterangan tertulis, Selasa (2/1/2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.